AHY Ulang Tahun ke-43, Annisa Pohan: Sosok yang Luar Biasa

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
(Paling kiri) Annisa Pohan dan suami, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY. Instagram/@annisayudhoyono

(Paling kiri) Annisa Pohan dan suami, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY. Instagram/@annisayudhoyono

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Suami Annisa Pohan, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, genap berusia 43 tahun pada Selasa, 10 Agustus 2021. Annisa mengunggah video kilasan perjalanan hidup AHY lewat foto dan video dokumentasi pribadi mereka. Terlihat AHY kecil, remaja, berkarier di dunia militer, lalu putar haluan terjun ke politik, hingga sosoknya sebagai suami dan ayah bagi keluarga tercinta.

"Hallo, saya Annisa Pohan. Hari ini saya ingin bercerita tentang sosok yang luar biasa yang dianugerahkan Allah di kehidupan saya," ucap Annisa di awal video yang diunggah Selasa malam, 10 Agustus 2021.

Menurut Annisa, SBY dan Ani mengasuh AHY beserta adiknya, Edhie Baskoro Yudhoyono dengan penuh kasih sayang dan ketegasan ciri khas keluarga militer.

"Karena pepo (SBY) adalah seorang abdi negara dan juga kakek mereka pak Ageng adalah pejuang kemerdekaan," ungkap Annisa menggambarkan masa kecil pria yang menikahinya pada 8 Juli 2005.

Berkat pengasuhan itu, kata Annisa, AHY tumbuh sebagai pribadi yang penuh prestasi. Contohnya menjadi lulusan terbaik SMA Taruna Nusantara. Kemudian lulus akademi militer dengan predikat terbaik dan meraih bintang Adhi Makayasa pada Desember 2000. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Wakil Presiden Indonesia saat itu, Megawati Soekarnoputri.

Kemudian, Annisa mengisahkan awal mereka berkenalan saat Annisa kuliah di Bandung pada 2004. "Awalnya kami hanya berteman, tapi dari mata turun ke hati. Kami pun saling jatuh hati. Tak pakai lama pada 20 Maret 2005, mas Agus mengajak orang tuanya ke rumah orang tua saya untuk melamar saya dan mengikat saya di lembaga pernikahan," tutur perempuan 39 tahun ini.

Menurut Annisa, upacara pernikahannya dengan adat Jawa merupakan kenangan yang tak terlupakan. Tak lama setelah menikah, mereka pindah ke Singapura karena AHY mendapat tugas pendidikan di Namyang Technological University dan meraih gelar Master of Science in Strategic Studies pada 2006.

Annisa juga mengisahkan kegiatannya di Persatuan istri tentara atau Persit Kartika Chandra Kirana karena menikahi seorang perwira TNI. Kemudian AHY bertugas ke Libanon selatan, tepatnya di perbatasan Israel dan Libanon, pada 2006-2007. Tugas itu menjadi bagian misi perdamaian PBB untuk mengatasi konflik di sana.

"Kebayang kan baru menikah ditinggal tugas di tempat konflik pula, sedih banget," ucapnya.

Baca juga: Annisa Pohan Ungkap Kebiasaan Makan Suami: Ngedeprok dan Wajib Ada Cabai Rawit

Tak lama dari AHY kembali ke Indonesia, mereka dikaruniai keturunan seorang anak perempuan yang diberi nama Almira Tunggadewi Yudhoyono pada 17 Agustus 2008.

"Sedari dulu mas Agus sering berkhayal punya anak perempuan. Akhirnya, doa-doa yang kami panjatkan diridhoi dan dikabulkan Allah SWT. Aira pun menjadi sumber kebahagiaan untuk keluarga kecil kami," ungkap putri Aulia Pohan dan Mulyaningsih ini.

Pada tahun 2009, mereka mengikuti AHY yang menjalani tugas pendidikan di Harvard Kennedy School, Boston, Amerika Serikat. Setelah dari Boston, mereka pindah ke Fort Benning karena AHY melanjutkan pendidikan militernya di US Army Manuever Captain Career Course. Ia menjadi lulusan terbaik dari Fort Benning pada 2011.

Kemudian, mereka kembali ke Indonesia dan AHY meneruskan karier militernya. "Kami kembali menjalani hari-hari sebagai keluarga TNI. Seru banget sih bisa tinggal lagi di rumah dinas di Cijantung," imbuhnya.

Agus Harimurti Yudhoyono genap berusia 43 tahun pada 10 Agustus 2021. Ia merayakan ulang tahunnya bersama keluarga di kediaman ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono. Foto: Instagram/@ruby_26

Pada tahun 2015, AHY kembali mendapat tugas pendidikan di Universitas Webster, Amerika Serikat. Aira sempat sekolah di sana. Setelah AHY menamatkan studinya, mereka kembali ke Indonesia. Dikisahkan pula soal AHY putar haluan ke politik pada 2017 dengan maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta bersama calon wakil gubernur Sylviana Murni.

"Mas Agus memutuskan pensiun dini sebagai perwira TNI dan menjadi politikus atas desakan publik, desakan partai politik yang ingin mengusung mas Agus menjadi calon gubernur DKI Jakarta," tuturnya.

Annisa mengutarakan itu bukan hal yang mudah bagi mereka, terutama AHY. Walau belum berhasil menjadi gubernur, AHY tetap melanjutkan kariernya di dunia politik lewat Partai Demokrat. Kemudian pada 15 Maret 2020, AHY terpilih sebagai Ketua Umum Partai Demokrat secara aklamasi dalam kongres kelima Partai Demokrat.

"Saya sebagai istri dan Aira sebagai anak tentu hanya doa terbaik yang dapat diberikan kepada Mas Agus," ujarnya.

Ia menutup videonya dengan ucapan selamat hari lahir untuk AHY dan kembali menegaskan AHY sebagai sosok yang luar biasa.

"Sosok yang luar biasa yang tentunya berkat didikan dan tangan besi memo, papi, mas Agus, kesayanganku bisa menjadi sosok yang luar biasa tidak hanya untuk aku dan Aira tapi juga orang-orang terdekat dan masyarakat," tuturnya. Annisa pun berjanji akan selalu menemani AHY dalam suka dan duka.

Selain video, AHY tampak merayakan ulang tahunnya secara sederhana bersama keluarga di kediaman SBY. Menilik Instagram adik iparnya, Aliya Rajasa, AHY, Annisa Pohan, dan Aira kompak berbusana kasual serba hitam dengan tulisan 43 di kausnya yang mewakili usia AHY. SBY berbusana warna merah putih. Sementara Aliya Rajasa sekeluarga mengenakan busana nuansa biru.

Baca juga: Kenang Kunjungan oleh Mertua, Annisa Pohan : Pepo Lakukan Inspeksi Rumah

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."