5 Menu Sarapan yang Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan, Kata Ahli Gizi

Ilustrasi alpukat (Pixabay.com)

kesehatan

5 Menu Sarapan yang Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan, Kata Ahli Gizi

Rabu, 4 Agustus 2021 20:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Memulai hari dengan sarapan bergizi punya sederet manfaat untuk tubuh. Di antaranya bisa meningkatkan konsentrasi, menurunkan risiko diabetes, mengelola kolesterol, dan membuat Anda tetap bugar.

Selain itu, sarapan juga bisa membantu menurunkan berat badan. Untuk mendapatkan manfaat itu, dr Gauri Anand, ahli gizi klinis dengan gelar master di bidang makanan dan nutrisi serta peneliti diabetes mellitus di India, menyarankan Anda mengonsumsi lima menu di bawah ini, dikutip dari laman Pink Villa, Selasa, 3 Agustus 2021.

1. Telur

Kaya akan protein dan mengandung banyak vitamin dan mineral, telur juga dapat mengurangi nafsu makan. Telur adalah pilihan sempurna untuk dimakan bagi semua orang untuk menurunkan berat badan. Anda bisa makan telur dengan sayuran atau Anda bisa mengolahnya menjadi telur dadar.

2. Oatmeal

Untuk sarapan, oatmeal sehat dan enak untuk dimakan. Oatmeal rendah kalori, tapi tinggi serat dan protein yang membantu Anda mengendalikan berat badan. Karena adanya kalori rendah dalam gandum, itu memperlambat pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Saat menyantap oatmela, Anda bisa menambahkan beberapa kiwi dan buah beri yang memiliki vitamin, nutrisi, dan potasium yang tinggi.

3. Greek Yoghurt dan buah-buahan

Yoghurt lembut dan lezat yang baik untuk penurunan berat badan Anda. Greek Yoghurt mengandung lebih banyak protein dan setengah karbohidrat daripada yoghurt biasa. Untuk rasa manis, Anda bisa menambahkan beberapa raspberry, stroberi atau irisan pisang di atas yoghurt. 

4. Smoothies

Smoothies mengandung banyak nutrisi yang dapat Anda miliki untuk sarapan karena mengandung buah-buahan dan biji-bijian yang membantu Anda dalam mengurangi berat badan Anda. Salah satu contohnya biji chia kaya akan protein yang akan memperlambat pengosongan perut dan mengurangi kadar ghrelin. Untuk dosis pati resistensi yang hangat, Anda bisa menambahkan pisang hijau ke smoothies Anda.

5. Alpukat

Soal menu makanan super untuk sarapan, roti panggang ditambah alpukat yang dippotong dadu beserta tomat, bawang merah, garam, dan merica sudah cukup untuk memberi Anda energi sepanjang hari. Ini meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi keinginan Anda untuk ngemil di antara waktu makan Anda. Lemak baik ini dapat menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung, dan bahkan kanker.

Semoga lima menu di atas bisa jadi inspirasi sarapan Anda esok hari.

Baca juga: Studi: Sarapan setelah Pukul 08.30 Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes