4 Bahaya Kekurangan Vitamin D bagi Tubuh dan Mental

Ilustrasi obesitas. Shutterstock

kesehatan

4 Bahaya Kekurangan Vitamin D bagi Tubuh dan Mental

Kamis, 17 Juni 2021 12:30 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Manfaat vitamin D yang kerap kita dengar adalah menguatkan tulang. Tapi ternyata bukan itu saja, besar juga pengaruhnya pada berat badan, mencegah kanker hingga kesehatan mental. 

Sebab para peneliti menemukan kekurangan vitamin D bisa menyebabkan beberapa penyakit kronis, misalnya kanker, diabetes, gangguan autoimun, bahkan obesitas atau penambahan berat badan. Studi juga menemukan kekurangan vitamin D dapat mempengaruh bayi, anak-anak, remaja hingga orang dewasa.

Kebanyakan orang tidak mendapatkan cukup vitamin D. Padahal, kita bisa mendapatkan vitamin ini dari sinar matahari. Selain sinar matahari, Anda bisa mendapatkan manfaat vitamin D dari susu atau makanan yang secara alami mengandung vitamin ini, seperti salmon dan telur.

Berikut sejumlah bahaya kekurangan vitamin D pada tubuh dan mental 

1. Kanker

Penelitian awal menunjukkan vitamin D dapat membantu melindungi dari kanker usus besar. Namun, manfaat vitamin D terhadap kanker payudara, prostat, atau kanker lain masih belum jelas. Manfaat yang lebih baik berasal dari konsumsi tinggi vitamin D dan Omega-3 Trial (VITAL).

Sementara itu, para ahli merekomendasikan aktivitas fisik secara teratur, berat badan ideal, pola makan tinggi sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian untuk membantu mencegah kanker.

Baca juga: Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D, Ada Nyeri Otot

2. Depresi

Penelitian telah menghubungkan rendahnya tingkat vitamin D pada penderita depresi, baik pria dan wanita dewasa. Satu penjelasan yang mungkin adalah kekurangan vitamin D menyebabkan kelenjar paratiroid memproduksi lebih banyak hormon. Rendahnya tingkat vitamin D dan tingginya hormon paratiroid telah dikaitkan dengan tingkat keparahan depresi.

3. Obesitas

Setelah memasuki menopause, kebanyakan wanita hingga berusia 60-an mengalami kenaikan berat badan berlebih atau obesitas. Ada bukti mengonsumsi vitamin D dan suplemen kalsium dapat memperlambat penambahan berat badan. Dalam sebuah penelitian, wanita yang tidak mendapatkan cukup kedua nutrisi di atas memiliki risiko 11 persen lebih besar untuk kenaikan berat badan, tetapi berat badan dapat dipertahankan atau bahkan menurun sebagai hasil mengonsumsi suplemen.

4. Tulang

Vitamin D memungkinkan tubuh menyerap kalsium. Tanpa itu, tulang bisa menjadi rapuh dan lemah. Pada orang dewasa, terlalu sedikit vitamin D dapat menyebabkan tulang rapuh atau osteoporosis. Pada anak-anak, kekurangan vitamin D menyebabkan banyak kasus rakhitis, penyakit tulang, dan masalah kesehatan lain. Susu yang diperkaya dengan vitamin D dapat menghilangkan gangguan tersebut.