Bisnis sedang Sulit saat Pandemi, Ini Bensin Semangat Raline Shah

Raline Shah/Instagram-@ralineshah

profil

Bisnis sedang Sulit saat Pandemi, Ini Bensin Semangat Raline Shah

Sabtu, 31 Juli 2021 21:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris Raline Shah mengakui saat wabah pandemi menerjang seperti ini adalah hal yang sangat sulit baginya menjalankan usaha. Ada banyak sekali ketidakpastian. Sehingga penting untuk para pemimpin bisnis untuk hati-hati mengarahkan usaha mereka di masa wabah ini. "Begitu banyak ketidakpastian dan harus hati-hati menavigasi di masa pandemi ini," katanya dalam bahasa Inggris dalam keterangan unggahannya di Instagram pada 30 Juli 2021.

Raline Shah mengatakan pada masa ini, ada salah satu cara yang membuat bensin semangatnya terus membara untuk menjalankan bisnisnya. "Saya pikir apa yang membuat saya terus berjalan adalah mengingat mengapa saya memulai," katanya.

Ia mengatakan bahwa sebuah usaha tidak harus besar atau mengubah dunia. Terkadang bisa menjadi sesuatu yang kecil yang penting bagi Anda. "Dan tingkat keterlibatan Anda akan membawa pelajaran, pertumbuhan, dan cinta," katanya.

Lalu terlibat dalam suatu program pun sebenarnya tidak memiliki batas. "Selalu ada hal untuk diperbaiki, dipertanyakan tetapi juga dinikmati dan dirayakan. Sebuah tujuan memberi Anda sayap tetapi juga membuat Anda tetap membumi," katanya menambahkan.

Raline Shah pun mengakui bahwa emosinya dan energinya naik turun di masa sulit ini. Bahkan kadang menurutnya, emosi dia sangat rapuh. "Sebagai pemimpin, sudah menjadi tanggung jawab bagi kami untuk kuat secara mental agar seimbang dan positif sehingga kita dapat memimpin dan memberikan keyakinan kepada orang lain yang masih mencari tahu tentang bagaimana menjadi seseorang dan bagaimana rasanya. Jika bukan kita yang percaya pada diri kita sendiri, siapa lagi?" katanya.

Ia menambahkan bahwa masa-masa sulit seperti ini biasanya mendorong seseorang untuk belajar lebih cepat dan lebih keras. "Semoga kita semua memiliki kekuatan, iman dan kasih untuk melakukannya," katanya.

Raline Shah pun tetap merasa bersyukur atas tantangan dan kemenangan kecil setiap hari. Raline Shah menambahkan tagar #disinibersamamu serta tagar #kisaku. Kisaku merupakan kedai kopi milik Raline Shah. Tak sendirian, Raline Shah juga menggandeng adik dan empat temannya untuk membuka bisnis kopi ini.

Baca: PPKM Darurat, Begini Cara Rossa dan Raline Shah Cegah Stres di Rumah Saja