18 Tahun Menikah dengan Mike Tramp, Ayu Azhari: Dia Pintar Mengarahkan Aku

(kiri ke kanan) Ayu Azhari bersama suaminya, Mike Tramp. Foto: Instagram @ayukhadijahazhari

cinta

18 Tahun Menikah dengan Mike Tramp, Ayu Azhari: Dia Pintar Mengarahkan Aku

Sabtu, 31 Juli 2021 10:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap pasangan suami istri punya kunci harmonis dalam membina rumah tangga. Sama hanya dengan aktris Ayu Azhari dan Mike Tramp,  vokalis band White Lion, yang mengutamakan komunikasi dalam segala hal, termasuk soal anak-anak. Menurut Ayu, Mike pintar dalam mengarahkan dan mendukungnya memberikan yang terbaik untuk buah hatinya.

"Dia pintar mengarahkan, pintar ngomongnya. Kayak aku punya empat anak waktu itu (buah cinta Ayu Azhari dari pernikahan sebelumnya) enggak gampang loh enggak semua orang mau nerima. Tapi dia bilang, 'kamu enggak bisa ninggalin anak di usia sekarang, jadi saatnya kamu fokus sama Axel, Sean, Mariam, dan Atiq'. Waktu itu usianya lagi gak bisa aku tinggalin ke lokasi syuting bisa liar, katanya. Jadi, you have nurture them," jelas Ayu Azhari di kanal YouTube Venna Melinda Channel, Jumat, 30 Juli 2021.

Ayu mengungkap rocker berkebangsaan Demnark itu menyayangi anak-anaknya dari pernikahan sebelumnya sama seperti mengasihi buah cintanya dengan Ayu, Isabell Tramp dan Lennon Tramp. "Dengan bimbingan Mike dan kasih sayang dia terhadap aku dan anak-anakku, alhamdulillah aku jadi aku sekarang ini," tutur perempuan 51 tahun itu.

Cara Mike mendekati anak-anaknya dari pernikahan sebelumnya juga salah satu hal yang meluluhkan hati Ayu. Mike tak pernah marah meski anak-anaknya yang masih kecil saat itu kerap menjahili. Mike juga memposisikan dirinya sebagai saudara tertua, bukan sebagai ayah mereka.

"Mike itu bilang jangan panggil saya ayah, karena saya bukan ayah kalian. Tapi saya bisa menjadi saudara untuk kalian. Semua ngobrol sama Mike, baik. 'Hei bro' kalau panggil juga gitu. Dari permulaan Mike tahan banting banget, anak-anaku jahil banget," kata pemeran ibu peri dalam sinetron Bidadari (200) itu.

Baca juga: Ayu Azhari Ajarkan Putrinya Berkarya Sekaligus Membantu Sesama

Selain tak mudah marah dengan anak-anak, Mike juga kerap mengajarkan beragam hal kepada anak sambungnya. Salah satunya mengajarkan gitar kepada Sean dan Mariam, ungkap Ayu. 

"Deket sekali enggak. Tapi kalau anak-anakku perlu bantuan, dia selalu memberikan tangannya untuk membantu sampai sekarang," ujar kakak Rahma Azhari itu.

Ayu juga mengutarakan komunikasi terbuka dan saling percaya menjadi fondasi ia dan Mike menjalani hubungan jarak jauh atau LDR saat ini. Memang tak mudah di awalnya, kata Ayu, tapi kini mereka sudah melalui proses penyesuaian itu. Dengan malu-malu, Ayu mengaku mudah cemburu dibandingkan Mike.

"Prosesnya panjang, tapi Alhamdulillah sampai sekarang. Karena Allah memang juga jodohku," pungkasnya.

Ayu Azhari menikah dengan Mike Tramp pada Mei 2003. Sebelum itu, Ayu dikaruniai empat buah hati. Axel Gondokusumo dari pernikahan Ayu dengan rocker Djody Gondokusumo. Sementara,  Sean Azad, Mariam Nur Al Iman, dan Sulaiman Atiq dari pernikahannya dengan Teemu Yusuf Ibrahim.