Pentingnya Keset Karet Busa di Dapur untuk Kesehatan Kaki dan Sendi, Kata Ahli

Ilustrasi interior dapur. Pixabay.com/StockSnap

kesehatan

Pentingnya Keset Karet Busa di Dapur untuk Kesehatan Kaki dan Sendi, Kata Ahli

Kamis, 29 Juli 2021 21:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Ahli bedah ortopedi mengungkap pentingnya memilih keset karet busa atau gel di dapur Anda. Terutama di area-area di mana Anda mungkin berdiri dalam waktu lama, seperti di depan wastafel atau kompor.

Ternyata permukaan yang tidak ramah seperti ubin keramik dan kayu keras dapat berisiko untuk tulang belakang, pinggul, dan pergelangan kaki, kata Gbolahan Okubadejo, MD, ahli bedah tulang belakang dan ortopedi di wilayah New York, Amerika Serikat, dikutip dari Well and Good, Selasa, 27 Juli 2021.

Selain rasa sakit dan nyeri umum, berdiri berjam-jam tanpa keset yang nyaman dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, seperti pembengkakan, varises, nyeri, hingga kekakuan di punggung.

“Biasanya, jika Anda berdiri untuk waktu yang lama di permukaan yang keras, Anda akan merasakan ketidaknyamanan dan kekakuan pada tungkai bawah. Anda juga mengurangi suplai darah ke otot, mengakibatkan kelelahan otot tungkai bawah dan nyeri pada otot leher dan punggung, tungkai, serta kaki,” ujar dokter Okubadejo.

"Keset karet busa bisa membantu Anda mempertahankan aliran darah dalam tubuh dan memaksa Anda untuk berdiri tegak," tambahnya.

Dokter Okubadejo mengatakan bahwa struktur lembut dari keset karet busa atau gel bisa mengurangi tekanan di sekitar sumsum tulang belakang dan menyebarkan berat badan lebih merata secara alami. Selain itu, Anda juga terhindar dari posisi berdiri dengan kaki datar, yang dapat meningkatkan risiko rasa sakit yang berkembang di pergelangan kaki, pinggul, dan lutut.

Ia merekomendasikan untuk memilih ketebalan keset karet busa atau gel mencapai 3/4 inci atau 1,9 cm. Tidak hanya di dapur, tapi juga di area di mana Anda lama berdiri seperti kamar mandi. Ketebalan tersebut dapat memengaruhi kesehatan sendi. 

"Keset karet busa cocok untuk berdiri berjam-jam dan sering kali memiliki kepadatan busa lebih tinggi di dalamnya. Keset gel mungkin yang terbaik untuk pencegahan kelelahan dan sifat ergonomis," saran dokter Okubadejo.

Baca juga: 8 Inspirasi Desain Kayu untuk Menciptakan Suasana Hangat di Dapur

WELL AND GOOD