5 Cara Cegah Bau Tak Sedap Wastafel Dapur, Ada Pakai Es Batu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi sampah di wastafel. insinkerator-worldwide.com

Ilustrasi sampah di wastafel. insinkerator-worldwide.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu penyebab bau tak sedap di dapur adalah wastafel. Menurut Brian Scafe dari BE Scafe Plumbing, perusahaan konstruksi saluran air di Amerika Serikat, penyebab utama wastafel dapur menjadi bau adalah sisa makanan.

"Sisa-sisa makanan yang tidak terurai sampai habis di wastafel akan membusuk dan menyebabkan bau," ujar Scafe dikutip dari The Kitchn pada Senin, 13 Juli 2020. 

Untuk mencegah bau tak sedap di wastafel dapur, tilik lima cara berikut

1. Pakai tablet pembersih saluran air

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi bau pada wastafel adalah mengalirinya dengan air dalam jumlah banyak. Selain itu, Scafe juga menganjurkan untuk menggunakan tablet pembersih saluran air yang tersedia di pasaran.

Tapi jika tak menemukannya, Chriss Johnson dari Genteel Plumbing merekomendasikan menggunakan kulit lemon yang diletakkan di atas lubang wastafel.

2. Nyalakan air secukupnya ketika mencuci piring

Selain membersihkan peralatan masak, air pada wastafel juga berfungsi mengalirkan sisa makanan ke tempat pembuangan. Penggunaan air yang sangat sedikit akan menghambat proses pembuangan tersebut, juga bisa membuat pipa tersumbat.

"Nyalakan keran wastafel ketika mencuci, biarkan air mengalir membersihkan saluran pembuangan," tutur Scafe.

3. Alirkan air keran lebih lama secara berkala

Saat tidak mencuci piring, mengalirkan air keran dan membiarkannya mengalir selama dua sampai tiga menit dapat membantu menjaga saluran pembuangan wastafel. Scafe mengatakan, pembersihan tersebut bisa dilakukan dua kali dalam setahun.

4. Gunakan air mendidih

Sisa minyak yang masuk ke pembuangan wastafel akan menempel di saluran pembuangan. Bila tidak diatasi, minyak tersebut akan menumpuk dan menghambat proses pembuangan sisa makanan.

Johnson mengatakan, minyak yang menumpuk pada saluran air wastafel dapat diatasi dengan air mendidih. Caranya mudah, cukup alirkan air mendidih lewat lubang wastafel.

5. Gunakan es batu di lubang wastafel

Scafe mengatakan, es batu dapat membantu membersihkan kotoran yang menempel di saluran air. Cukup letakkan beberapa bongkah es batu di atas saringan pembuangan wastafel, setelah es batu habis, bilas dengan air.

Jika lima cara di atas tak berhasil, ada baiknya memanggil petugas perbaikan profesional apabila masalah pada wastafel masih terus terjadi.

 

MUHAMMAD AMINULLAH | THE KITCHN 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."