Perdana Bikin Kolak Pisang, Nagita Slavina Cari Resep di Mesin Pencarian

Nagita Slavina mengupas pisang pakai pisau. Foto: tangkapan layar YouTube Rans Entertainment

kuliner

Perdana Bikin Kolak Pisang, Nagita Slavina Cari Resep di Mesin Pencarian

Rabu, 28 Juli 2021 13:50 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Artis Nagita Slavina mengungkap ia doyan makan pisang selama kehamilan anak keduanya. Hampir setiap hari ia membuat pisang goreng sebagai camilannya. Sebagai variasi, ia mencoba membuat kolak pisang untuk pertama kalinya melihat banyaknya pisang yang dikirimkan ibundanya, Rieta Amilia.

Mengingat ini kali pertamanya, ia menanyakan terlebih dahulu ke ibundanya bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kolak.

"Tadi aku dah nanya sama mama. Bahan-bahannya gula merah, santan, sama daun pandan," ujarnya di kanal YouTube Rans Entertainment, Rabu 28 Juli 2021.

Lalu, ia tampak memotong ujung dan bagian bawah pisang tanduk dengan pisau warna emas. Setelah itu, ia membelah bagian atas pisang dengan pisau agar memudahkannya mengupas kulit pisang memakai tangan.

"Susah ya motong ini ternyata. Ini motongnya agak susah ya, La," ucapnya kepada Lala, pengasuh Rafathar. Sambil mengupas pisang, Gigi sapaan akrabnya mengutarakan tak suka pisang yang matang. Ia suka pisang yang cukup keras.

Baca juga: Cerita Nagita Slavina Temani Rafathar Belajar di Rumah: Bangun Setiap Jam 7 Pagi

Nagita Slavina saat menumbuk gula aren dengan cobek. Foto: YouTube Rans Entertainment

Usai mengupas beberapa pisang, ia mulai memotongnya menyamping dan tidak terlalu tebal. Menurutnya, potongan tersebut agar bumbu lainnya meresap di pisang. Kemudian, ia meminta bantuan Lala untuk mengupas pisang lainnya.

Kemudian Gigi mencari resep kolak pisang di mesin pencarian. Ia membaca satu per satu langkah membuatnya dari layar ponsel pintarnya.

"Oh, jadi air dulu sama gula (aren) baru masukkin pisang. Nah, nanti baru santannya terakhir, gitu kan," ungkap istri Raffi Ahmad ini.

Setelah membaca kembali resepnya, ia mulai memasak dengan memasukkan seperempat gula aren yang ditumbuknya dengan cobek ke dalam panci yang sudah diisi air. Ia tampak mengaduknya beberapa kali.

Setelah gula aren larut ke dalam air, Gigi memasukkan potongan pisang yang telah disiapkannya. Tak lupa, ia memasukkan beberapa daun pandan yang sudah diikat. Lalu, ia menutup panci agar meresap bumbunya ke pisang.

Baca juga: Masak Steik untuk Suami, Nagita Slavina Hanya Pakai 3 Bumbu

Nagita Slavina mengaduk gula aren di dalam air untuk kolak pisangnya. Foto: tangkapan layar YouTube Rans Entertainment

Tak lama kemudian, ia mencicipi rasa kolak pisang. Ia menaburkan sejumput garam dan menambahkan gula aren karena dirasa kurang manis. Lalu, Gigi memasukkan santan secukupnya dan mengaduknya hingga merata. Kemudian, ia menambahkan satu karton santan ukuran kecil agar lebih gurih.

"Hmmm, yummy. Enak," ujarnya saat mencicipi kembali kolak pisang buatannya.

Nagita Slavina menyantap kolak pisang buatannya. Foto: YouTube Rans Entertainment

Meski sudah suka dengan rasa kolak pisangnya, Gigi terlihat menambahkan vanila cair, garam, dan gula pasir secukupnya untuk menyempurnakan rasa yang diinginkannya. "Jadi, kita makan kolak. Makan sendiri, masak sendiri," ungkapnya.

Usai membuat kolak pisang, Nagita Slavina mengatakan berencana membuat kue pisang dan cupcake pisang.