Pahami Syarat Donor Plasma Konvalesen dan Yang Harus Dilakukan Sebelumnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf kalla meninjau kegiatan donor darah dan donor plasma konvalesen terhadap anggota Korbrimob Polri di Gedung Gineung Pratidina Korbrimob, Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, 2 Maret 2021. Tim Humas JK

Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf kalla meninjau kegiatan donor darah dan donor plasma konvalesen terhadap anggota Korbrimob Polri di Gedung Gineung Pratidina Korbrimob, Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, 2 Maret 2021. Tim Humas JK

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Terapi plasma konvalesen atau donor plasma darah adalah salah satu metode penyembuhan pasien Covid-19. Cara ini akan memberikan plasma yang mengandung antibodi terhadap virus corona dari penyintas kepada pasien Covid-19.

Orang yang telah sembuh dari Covid-19 memiliki antibodi untuk melawan virus corona. Karena itu, plasma yang didonorkan dapat membantu meningkatkan antibodi dan menurunkan jumlah virus pada pasien Covid-19 yang sedang dirawat.

Berikut syarat donor plasma plasma konvalesen dan yang harus dilakukan sebelumnya dikutip dari akun Instagram resmi Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta, Kamis, 15 Juli 2021.

- Ada riwayat konfirmasi positif Covid-19 dalam 3 bulan terakhir.

- Sudah dinyatakan sembuh/selesai menjalani isolasi mandiri minimal 14 hari dan maksimal 30 hari.

Baca Juga:

- Boleh donor bila vaksin sebelum terkonfirmasi Covid-19 atau bila vaksin dalam kurun waktu 3 bulan setelah sembuh. Catatan: 3 hari setelah vaksin Sinovac, 20 hari setelah vaksin Astra Zeneca.

- Usia 18-60 tahun.

- Berat badan minimal 50 kg.

- Lebih diutamakan laki-laki.

- Wanita belum pernah hamil, melahirkan/keguguran atau jarak kehamilan terakhir 12 tahun ke atas.

- Tidak memiliki riwayat infeksi hepatitis B, hepatitis C, HIV, sifilis, dan riwayat jantung atau stroke. Selain itu, tidak memiliki riwayat hipertensi tidak terkontrol, sakit gula tidak terkontrol, atau menggunakan insulin. 

Jika sudah memenuhi syarat, perhatikan pula hal -hal yang harus dilakukan sebelum menjadi donor plasma darah.

- Dalam keadaan sehat saat donor, tidak ada keluhan.

- Tidur cukup minimal 4-5 jam pada malam sebelumnya

- Konsumsi rendah kolesterol, rendah karbohidrat, 1 hari sebelumnya.

- Minum air putih minimal 2 gelas sebelum dan sesudah proses donor plasma.

- Sudah makan 4 jam sebelumnya.

- Rileks dan gerakkan kaki berkala saat donor

Untuk daftar online donor plasma konvalesen, Anda bisa mengunjungi plasmakonvalesen.jakarta.go.id atau menghubungi nomor halo donor di +62 8568864678 [whatsapp only].

Baca juga: Dokter Sarankan Segera Rawat Inap Bila Alami Gejala Covid-19 Sedang dan Berat

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."