Anti Bosan Saat Pandemi, Intip Cara Kreatif Aliya Rajasa Bikin Kegiatan Keluarga

(Paling kanan) Aliya Rajasa bersama suami, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas dan ketiga anak mereka, Airlangga, Sakti, dan Gayatri. Foto ini diunggah pada Ahad, 7 Februari 2021. Instagram/@ruby_26

keluarga

Anti Bosan Saat Pandemi, Intip Cara Kreatif Aliya Rajasa Bikin Kegiatan Keluarga

Minggu, 11 Juli 2021 20:06 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak orang tua yang sempat bingung ketika harus memikirkan kegiatan bersama anak-anak mereka. Aliya Rajasa memiliki cara tersendiri membuat anak-anak mereka betah tetap di rumah saja selama pandemi Covid-19. Aliya Rajasa memiliki 3 anak yang lucu, yaitu Airlangga, Pancasakti, dan Gayatri Idalia.

Menurut Aliya Rajasa, anak berusia di bawah sepuluh tahun itu pasti sedang aktif-aktifnya. Mereka gemar melakukan olah raga di luar rumah, bersosialisasi dengan teman sebayanya juga perlu memenuhi kebutuhan emosional yang tinggi. Tetapi mengingat situasi pandemi saat ini, kegiatan tersebut tidak bisa dilakukan sehingga tidak jarang energi yang berlebih itu kerap menumpuk. "Jadi ibu-ibu tuh harus extra dalam memikirkan kegiatan yang positif supaya perkembangan fisik dan mental anak juga tetap terjaga. Apalagi ini keadaan seperti ini sudah satu tahun lebih ya kita alami bersama," katanya pada Live Instagram bersama Cantika.com dengan tema Parenting Ala Aliya Rajasa pada 9 Juli 2021.

Salah satu kegiatan yang sedang aktif dilakukan Aliya Rajasa dan keluarga adalah membuat kegiatan piket. Aliya Rajasa dan suaminya, Edhie Baskoro Yudhoyono sengaja membuat piket untuk anak-anak mereka seperti bersih-bersih, menyiapkan makanan. Selain itu Aliya Rajasa juga mengajarkan anak-anak untuk bertanggung jawab dengan barang-barangnya dan mulai membersihkan rumah. Tidak disangka, ternyata si bungsu Gaya yang paling galak mengingatkan abang-abangnya untuk mengikuti jadwal piket itu. "Gaya yang umur tiga tahun dia yang paling jago ingetin. 'Ayo mas Sakti piket, ayo mas Sakti siapin makanan'. Mungkin anak perempuan bawaannya gitu kali ya, jadi dia jadi time police nya kami," kata Aliya Rajasa sambil beberapa kali menirukan suara Gaya.

Piket lain yang tidak kalah penting adalah memahami waktu untuk salat. Aliya mengatakan ketiga anaknya sangat kompak untuk saling mengingatkan dan mempersiapkan berbagai keperluan untuk salat. Jadwal piket lain yang penting dilakukan ketiga anak itu, kata Aliya, adalah mempelajari waktu untuk makan, mandi, baca buku dan bersih-bersih kamar. "Zaman dulu, istilah piket itu, kesannya harus bersih kelas, tapi ya sebenernya kata-kata piket itu kita bikin sebagai kegiatan yang positif di rumah," kata Aliya Rajasa.

Selain bersih-bersih rumah, Aliya Rajasa juga menceritakan hobi dari ketiga anaknya akhir-akhir ini. Pada masa pandemi, kedua anak laki-laki Aliya Rajasa belakangan ini sangat suka bermain bola basket dan sepak bola. Terkadang, mereka pun senang bila diajak bermain golf bersama. Namun belakangan ini, kegiatan paling favorit bagi ketiganya adalah bermain roller blade. Sepatu beroda itu didapat mereka sebagai hadiah Khitanan Airlangga dan Pancasakti. "Mereka bermain roller blade di dalam rumah. Cuma mentok-mentok tapi ya lumayan lah biar bisa sambil belajar," kata putri Hatta Rajasa itu.

(Paling kiri) Aliya Rajasa bersama ketiga anaknya, Airlangga Satriadhi Yudhoyono, Pancasakti Maharajasa Yudhoyono, dan Gayatri Idalia Yudhoyono. Foto ini diunggah pada Rabu, 24 Februari 2021. Instagram/@ruby_26

Walau anak-anak mereka sudah semakin lihai bermain roller blade, Aliya Rajasa mengaku justru takut melihat kegiatan anak-anaknya itu. Ia takut ketiga anaknya terluka saat jatuh. Sebaliknya, para jagoannya yang sudah semakin lihai malah tertawa bila jatuh saat bermain roller blade. "Mereka (Airlangga dan Pancasakti) bisa cepat mempelajari si roller blade itu. Tapi kalau Gaya, memang masih kami pegangin," katanya.

Perjuangan mengajarkan anak mereka bermain roller blade pun tidak kalah seru. Aliya bercerita bahwa ia tidak mengundang pelatih khusus, melainkan mencari tahu tata cara dasar bermain roller blade di YouTube. "Kami cari di YouTube cara belajar roller blade step by step. Pada awalnya, Airlangga dan Sakti belajar di karpet dulu agar tidak goyang," kata Aliya Rajasa yang sempat menunjukkan wajah paniknya mengingat momen awal itu.

Aliya Rajasa bercerita, anak-anaknya sudah semakin rajin mengitari rumah mereka dengan sepatu roda. Beruntung berbagai kegiatan itu bisa menjadi penghibur keluarga menghadapi pandemi yang mengharuskan semua keluarga tetap di dalam rumah.

Baca: Aliya Rajasa Mengenang Pesan Teks dari Ibu Mertua: Kangen Dicariin, Memo

NATHASYA ESTRELLA