Kiat Membersihkan Sedotan yang Bisa Digunakan Kembali

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Sedotan yang bisa dipakai ulang atau reusable straw. Freepik.com

Sedotan yang bisa dipakai ulang atau reusable straw. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Demi menjaga lingkungan, sedotan plastik semakin banyak ditinggalkan. Sebab sedotan plastik tidak dapat terurai dan buruk bagi kehidupan laut. Kini, sedotan yang terbuat dari logam, silikon, atau bambu kian naik daun di pasaran. 

Karena bisa dipakai berulang kali, perhatikan betul cara membersihkannya agar tidak ada bakteri yang menempel. Sedotan adalah tempat berkembang biak yang ideal bagi bakteri dan kuman karena paparan kelembapan yang hampir konstan.

Para ahli mengingatkan, ada kemungkinan Anda minum air plus bakteri, jika tidak berhati-hati membersihkanya. Sebuah penelitian dari laboratorium EmLab P&K menemukan bahwa botol air berbahan jerami yang dibersihkan dengan baik hanya memiliki dua unit pembentuk koloni per sentimeter persegi di permukaannya daripada dudukan toilet. 

“Saat membersihkan sedotan yang dapat digunakan kembali, sangat penting untuk  melihat apakah bagian dalamnya bersih,” tegas Stacey Feeley, salah satu pendiri dan CEO GoSili, merek yang membuat sedotan silikon, cangkir, dan wadah penyimpanan makanan, dikutip dari laman Well and Good, Kamis, 8 Juli 2021.

Oleh karena itu, Feeley merekomendasikan untuk memilih sedotan silikon, yang tembus cahaya dan mudah dilihat bagian dalamnya. “Sisa makanan dan bakteri dapat bersembunyi di logam, plastik, atau sedotan lain yang mungkin tidak Anda lihat.”

Cara membersihkan sedotan silikon dengan menaruh sedotan di dalam air sabun hangat, kemudian meremas sisi sedotan bersama-sama sehingga masing-masing sisi dapat digosok. “Setelah selesai, alirkan air sampai bersih dan sabun hilang,” ucapnya.

Jika Anda memiliki sikat sedotan, Anda juga dapat membuat campuran sabun dan air lalu memasukkan sikat ke dalam sedotan bahan apa pun. Lalu, gosok bolak-balik untuk memastikan bahwa Anda telah menghilangkan semua partikel. Kemudian, bilas sabun dari sedotan.

“Sedotan yang dapat digunakan kembali juga dapat dibersihkan di mesin pencuci piring,” catat Feeley. "Sedotan dapat ditaruh di atas garpu atau di keranjang perak." Anda hanya ingin memastikan bahwa semburan air dan deterjen benar-benar dapat membersihkan bagian dalam sedotan, jadi meletakkan sedotan secara horizontal tidak akan banyak membantu Anda. 

Feeley menambahkan bahwa sedotan silikon juga dapat direbus untuk memastikan sterilisasi, seperti halnya logam dan bambu. Tetapi cara terbaik adalah selalu memeriksa petunjuk pembersihan pada sedotan pilihan Anda.

Baca juga: Awas, Asap Rokok dan Minum Pakai Sedotan Sebabkan Penuaan Dini

NATHASYA ESTRELLA | WELL AND GOOD

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."