Awas, Asap Rokok dan Minum Pakai Sedotan Sebabkan Penuaan Dini

Reporter: Tabloid Bintang
Editor: Yayuk Widiyarti
Selasa, 29 Januari 2019 15:29 WIB
Awas, Asap Rokok dan Minum Pakai Sedotan Sebabkan Penuaan Dini

CANTIKA.COM, Jakarta - Kulit yang sehat dan awet mudah adalah dambaan setiap wanita. Sayangnya, garis-garis kerutan akan otomatis muncul di wajah seiring bertambahnya usia.

Tidak heran jika banyak orang mulai melakukan perawatan kulit untuk mencegah penuaan dini. Namun, ternyata penuaan dini juga bisa muncul karena kebiasaan yang setiap hari. Berikut tiga kebiasaan itu.

Artikel terkait:
Sebab Perawatan Kulit Anti Penuaan Dimulai Sejak Usia 20 Tahun
Setrika Wajah, 1 dari 3 Perawatan Kecantikan Melawan Penuaan

1. Sering terkena asap rokok
Terlalu sering terkena asap rokok bisa memunculkan kerutan-kerutan pada wajah. Pasalnya, kandungan tar, nikotin, dan karbon monoksida dalam rokok bisa merusak lapisan kolagen pada kulit. Cobalah hindari terkena asap rokok dan mulailah gunakan produk perawatan yang mengandung antioksidan.

2. Tidak memakai tabir surya
Kebiasaan satu ini menjadi salah satu penyebab utama munculnya penuaan dini pada wajah. Bagian elastin pada kulit akan rusak jika terpapar sinar matahari terus menerus. Elastin yang rusak akan berdampak negatif pada elastisitas kulit. Karena itu, pastikan untuk selalu memakai tabir surya sebelum beraktivitas.

Baca juga:
Selain Kulit, Penuaan Juga Terjadi pada Organ Tubuh Lainnya

 

 3. Minum dengan sedotan
Meski terasa praktis, meminum dengan sedotan ternyata juga dapat menjadi penyebab utama penuaan dini. Pasalnya, gerakan menyedot yang dilakukan secara berulang-ulang dapat memecah serat kolagen serta elastin kulit dan menimbulkan garis-garis halus di sekitar mulut. 

TEEN