Cara Kate Middleton Menegur Anak-anaknya di Ruang Publik

Pangeran William dan istrinya, Kate Middleton mempublikasi foto keluarga mereka yang digunakan untuk kartu Natal tahun ini. Dalam foto ini terlihat ketiga anak mereka, Pangeran George, Putri Charlotte dan Pangeran Louis. Instagram.com/@Kensingtonroyal

keluarga

Cara Kate Middleton Menegur Anak-anaknya di Ruang Publik

Rabu, 18 Maret 2020 09:57 WIB
Reporter : Eka Wahyu Pramita Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JAKARTA - Kate Middleton dan Pangeran William dikaruniai tiga buah hati, yaitu Pangeran George (6 tahun), Putri Charlotte (4 tahun), dan Pangeran Louis (22 bulan). Sebagai ibu, Kate Middleton berupaya mendidik ketiga anaknya, selain menunaikan sederet tugas Kerajaan Inggris. Misalnya ketika membawa serta ketiga anaknya untuk kegiatan kerajaan, Kate piawai menjaga perilaku anak-anaknya di depan publik.

Melansir laman The Sun, Rabu 18 Maret 2020, Dr. Rebecca Chicot, pendiri Essential Parent dan penulis Calm and Happy Toddler mengatakan kepada Fabulous, “Kate adalah ibu yang sensitif dan hangat. Apa yang dilakukan Kate adalah gaya pengasuhan otoritatif yang sekarang dianjurkan. Pola asuh itu berbeda dengan gaya autokratis di zaman Victoria, misalnya anak-anak harus dilihat dan tidak didengar."

Pola asuh otoritatif itu tergambar saat Kate Middleton mengingatkan atau menegur anak-anaknya saat berada di ruang publik. Tapi di sisi lain, ia juga tak pelit mengekspresikan kasih sayang kepada ketiganya.

Di momen pernikahan adiknya, Pippa Middleton, pada 2017, Kate terlihat mengusap rambut Pangeran George untuk menghentikannya agar diam mengikuti rombongan. Ia juga sempat mengingatkan Pangeran George, Putri Charlotte beserta sepupunya agar tidak berisik selama di gereja dengan mengacungkan telunjuknya dan bersuara ssstt.

Menurut Rebecca menerapkan hal yang benar dan salah pada anak salah satu bagian penting menjadi orang tua yang baik, meski kerap menemui kesulitan melakukannya. 

"Ia tampaknya pandai membuat kontak hangat 'menyentuh kepala' yang merupakan koneksi yang bagus karena bisa saling bekontak mata," ujar Rebecca.

Kate juga sering terlihat berjongkok agar berada di posisi sejajar mata dengan anak-anaknya saat menegur atau mengingatkan. “Ia berjongkok saat bicara dengan anak-anak. Kate memiliki keseimbangan sensitivitas dan batas lembut yang indah. Ia tidak mengharapkan anak-anak berperilaku seperti orang dewasa kecil dan tahu betul bahwa anak-anak melewati tahap alami, termasuk tantrum," jelas Rebecca.

Di kesempatan lain, Kate tidak melarang bahkan tertawa saat Putri Charlotte menjulurkan lidah ke arah publik di acara amal Regatta pada 2019. Dalam sebuah video terlihat Kate mengajak putrinya untuk melambai ke arah penonton di Cowes, Isle of Wight, tetapi sang putri punya ide lain dengan menjulurkan lidahnya. Kate tampak tertawa lebar seperti banyak orang di sana.

"Hal itu normal! Anda tidak dapat mengontrol setiap gerakan anak-anak. Tanggapan Kate sangat fantastis! " ucapnya.

Selain mengusap dan berbicara menatap mata anaknya, Kate juga tampak menggunakan kode jari untuk menunjukkan bahwa ia sedang serius.

"Ketika Charlotte sedang kesal, Kate berbicara dengannya dengan tenang. Sikap ini menunjukkan ketegasan dan kehangatan, tapi tidak membujuk atau menjadi marah," tukas Rebecca.