Pahami Arti Angka CT Value pada Hasil Tes PCR

Mayapada Healthcare Siap MelayaniPemeriksaan PCR Swab Covid-19.

kesehatan

Pahami Arti Angka CT Value pada Hasil Tes PCR

Kamis, 8 Juli 2021 08:00 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Cycle threshold value atau CT value menjadi pembahasan penting saat seseorang telah melakukan pemeriksaan tes PCR. Sebenarnya apa itu CT value?

CT value merupakan jumlah siklus yang dibutuhkan sampai sinyal fluoresens melewati ambang (treshold), dikutip dari laman resmi pamki.or.id. Arti nilai CT value yang tertulis berbanding terbalik dengan hasil sebenarnya. Apabila nilai CT value yang tercantum rendah, maka jumlah Covid-19 yang ada semakin banyak. Jika nilai CT value yang tercantum tinggi, berarti jumlah virus yang ada semakin sedikit. 

Pada umumnya, arti batas ambang nilai CT value adalah 40 dengan intepretasi:

Nilai CT<29: Positif Kuat, virus dalam jumlah banyak dan mudah menularkan ke orang sekitarnya

Nilai CT antara 30-37: Positif, terdapat target dalam jumlah sedang 

Nilai CT antara 38-40: Positif lemah, terdapat target dalam jumlah sedikit

Orang dengan CT value kurang dari 29, biasanya berada di fase awal infeksi Covid-19. Pada fase ini, orang yang terinfeksi memiliki kemungkinan besar untuk menularkan kepada orang lain. Jika CT value berada di atas 30, maka ini menunjukkan terdapat virus pada sampel pasien, namun dalam jumlah yang sedikit.

Baca juga: Orang yang Sudah Disuntik Vaksin Covid-19 Bisa Positif Covid-19? Ini Kata Dokter

Kondisi ini akan mengurangi risiko orang tersebut menularkan virus kepada orang lain. Apabila jumlah nilai CT value 38 sampai 40 menunjukkan bawa orang tersebut tidak terdeteksi adanya RNA virus, dan orang tersebut bisa dinyatakan negatif Covid-19.

Sementara itu, Dokter Samuel L. Simon juga menjelaskan dalam akun Instagram pribadinya, tes PCR tidak perlu dilakukan berulang kali karena tes tersebut tidak bisa membedakan fragmen virus yang masih hidup dan yang telah mati. 

“Mari belajar untuk memahami hiruk pikuk hasil tes PCR supaya tidak stres, paranoid dan ketakutan. Stres menurunkan imunitas. [Padahal imun kuat] diperlukan untuk mengatasi virus,” ungkap Samuel yang dilansir dari akun Instagram @drslsimonspkk, Rabu (7/7/2021).

Apabila sudah mendapatkan hasil tes PCR, diharapkan masyarakat untuk mengetahui hasil CT value dari tes tersebut dan berkonsultasi dengan tenaga kesehatan untuk penanganan selanjutnya.