Mengenal 10 Jenis Orgasme pada Wanita, Menurut Pakar

Ilustrasi pasangan bercinta. Shutterstock.com

cinta

Mengenal 10 Jenis Orgasme pada Wanita, Menurut Pakar

Rabu, 30 Juni 2021 21:25 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Orgasme merupakan kepuasan yang didamba dalam bercinta, selain keintiman dengan pasangan. Orgasme bisa terjadi cepat dan begitu memuaskan. Di lain waktu, perlu proses untuk merengkuh kepuasan bercinta itu, jika titik rangsangannya tidak tepat dan situasi tak mendukung.

Ada banyak metode yang memungkinkan untuk bereksperimen dengan berbagai jenis orgasme. Semakin bervariasi titik rangsangan yang ditelusuri, semakin besar kemungkinan Anda menciptakan orgasme berkali-kali.

“Semua jenis orgasme di seluruh tubuh bisa menjadi kuat, menyenangkan, dan perlu ditelusuri,” kata Jess O'Reilly, PhD, seksolog dan pembawa acara podcast @SexWithDrJess. "Hanya saja, jangan memaksakan diri Anda ke dalam jenis orgasme tertentu, dan sebaliknya, ikuti kesenangan dan lihat ke mana itu membawa Anda."

Untuk membantu memandu Anda, sejumlah pakar seks mengumpulkan 10 jenis orgasme paling umum pada wanita serta cara memaksimalkannya seperti dikutip dari Well + Good, Senin, 28 Juni 2021.

1. Orgasme anal

Menjelajahi area anal dapat membantu Anda untuk mengetahui preferensi seksual Anda dan membawa Anda ke kepuasan seksual yang lebih holistik. Tapi tidak semua wanita bersedia melakukan hal itu.

“Beberapa orang dapat mengalami orgasme dari sentuhan yang tidak langsung pada vulva atau vagina, dan beberapa orang dapat mengalami orgasme hanya dari stimulasi atau penetrasi anal saja,” kata Serah Deysach, pendidik seks dan pemilik toko kesenangan Early to Bed.

Perlu juga dicatat bahwa sementara orgasme anal dapat terjadi melalui jilatan eksternal, ciuman, atau sentuhan, pijatan dalam atau penetrasi juga dapat menghasilkan orgasme prostat bagi pria

2. Orgasme campuran

Orgasme campuran mengacu pada merangsang dua atau lebih titik kesenangan sekaligus. “Beberapa orang menggambarkan orgasme campuran mereka sebagai perasaan yang lebih intens, lebih dalam, atau lebih banyak titik rangsangan,” pakar seks Andrea Barrica, CEO platform pendidikan seks O.school.

Anda dapat mencapai orgasme campuran dengan menjelajahi sejumlah kombinasi titik rangsangan yang berbeda, bisa dimulai dari klitoris dengan penetrasi vagina. Ini dapat dilakukan dengan pasangan dan beberapa teknik manual, atau vibrator kelinci stimulasi ganda, jika Anda bermain sendiri. Sama seperti resep smoothie Anda, jangan ragu untuk bereksperimen agar semuanya tetap menarik.

3. Orgasme payudara

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine, payudara adalah zona sensitif seksual yang sangat kuat pada wanita. 

"Hal itu mungkin disebabkan oleh korteks sensorik genital, wilayah yang sama yang dipengaruhi oleh stimulasi vagina dan klitoris, diaktifkan melalui permainan puting," kata Dr. O'Reilly. “Para ilmuwan berhipotesis bahwa neuron bersama ini melepaskan oksitosin, yang mengalirkan kesenangan dan relaksasi, sehingga melonjak ke tingkat puncak tepat sebelum orgasme.”

Orgasme payudara dapat dihasilkan dari rangsangan langsung pada payudara. Misalnya, pasangan bermain dengan payudara Anda untuk menghangatkannya dan membangunkan ujung saraf, kemudian pria mencapai orgasme melalui cara stimulasi lain (misalnya bermain di klitoris atau seks oral), dan Anda bisa merasakan sensasi intens di payudara.”

4. Orgasme serviks

Ini adalah orgasme yang bisa terjadi dengan merangsang leher rahim atau serviks, yang terletak jauh di dalam vagina. Ini adalah cincin jaringan yang memisahkan rahim dari vagina, biasanya membutuhkan penetrasi yang panjang dan sedikit melengkung untuk mencapainya.

“Leher rahim yang sensitif diyakini menyampaikan pesan ke otak melalui saraf hipogastrik, dan banyak orang melaporkan bahwa stimulasi langsung hanya menyenangkan setelah mereka mencapai tingkat gairah yang lebih tinggi, dan bahan kimia paliatif telah membanjiri tubuh,” jelas Dr. O' Reilly. 

Baca juga: Utamakan Komunikasi dengan Pasangan untuk Capai Orgasme

5. Orgasme otot inti atau coregasm

Jika Anda membutuhkan lebih banyak motivasi untuk memasukkan latihan perut ke dalam rutinitas kebugaran Anda, ini salah satunya. Coregasm secara harfiah adalah orgasme yang terjadi saat Anda berolahraga, menurut Debby Herbenick, PhD, MPH, penulis The Coregasm Workout.

Perlu diingat, menurut survei, hanya sekitar 10 persen orang yang telah mengalami coregasm dalam hidup mereka. Namun, Dr. Herbenick berbagi tips latihan untuk meningkatkan peluang coregasm.

"Latihan yang paling sering dikaitkan dengan coregasm adalah latihan otot inti," katanya. “Orang yang memiliki [coregasm] biasanya didapat dari crunch, mereka mengatakan perlu latihan 100 atau 200 crunch sebelum itu terjadi.”

6. Orgasme klitoris

Bagi banyak orang, orgasme klitoris eksternal adalah cara tercepat untuk mencapai klimaks. "Ini karena klitoris eksternal adalah bagian tubuh yang mengandung kepadatan terbesar dari ujung saraf. Saat dirangsang langsung menghasilkan kesenangan," profesor seksualitas manusia Zhana Vrangalova, PhD.

Untuk variasi menjelajahi orgasme klitoris, Anda bisa menggunakan vibrator peluru.

 7. Orgasme yang hilang

Orgasme ini kadang-kadang disebut "setengah orgasme" atau "orgasme yang hancur". Biasanya orgasme ini saat klimaks yang Anda rasakan sebelum mencapai puncak kepuasan. "Gangguan, interupsi, atau perubahan rangsangan dapat memicu hal itu secara tidak sengaja, kata Dr. O'Reilly.

8. Orgasme G-spot

G-opot dapat ditemukan di sepanjang dinding atas vagina. “Untuk beberapa orang – tetapi tidak semua – memberikan tekanan langsung pada tempat itu dapat menyebabkan orgasme,” ujar Deysach.

“Biasanya, ini terjadi ketika dikombinasikan dengan rangsangan lain, seperti rangsangan klitoris eksternal atau puting, tetapi kadang-kadang, orgasme dicapai hanya dari tekanan yang diberikan secara internal," tambahnya

Saat menggunakan mainan seks untuk mencapai orgasme G-sport, Anda dianjurkan menggunakan aksesori yang sedikit melengkung untuk eksplorasi.

9. Orgasme saat mengeluarkan cairan

Oragsme ini biasanya ditandai saat keluarnya cairan di tengah klimaks. “Tidak semua perempuan mencapai ini, tetapi memberi tekanan pada G-spot dapat meningkatkan kepuasannya,” kata Deysach.

Mainan melengkung (atau jari melengkung ke dalam di dalam vagina), menarik ke arah dinding perut Anda adalah salah satu jalur paling langsung menuju stimulasi G-spot. Dr. O'Reilly menyarankan untuk menekan dengan lembut bagian luar perut Anda pada saat yang bersamaan, dan jika Anda merasa seolah-olah otot Anda cenderung seperti mengejan, lepaskan dasar panggul Anda.

"Tarik napas dalam-dalam, dan tingkatkan tekanan terhadap G-spot Anda baik secara internal maupun eksternal," katanya, "dan rangkul reaksi tubuh Anda tanpa berfokus pada ejakulasi." Menyemprotkan cairan bisa menyenangkan dan perlu diingat hal itu tak selalu terjadi dalam seks yang intens. Bisa saja keluar dalam waktu singkat tergantung ketepatan rangsangannya.

10. Orgasme berturut-turut

"Ini adalah saat Anda mengalami serangkaian orgasme berturut-turut tanpa banyak jeda," kata Deysach. “Bisa dua kali berturut-turut, atau bisa jadi 20.”

Dalam kasus tertentu, rangsangan lanjutan setelah orgasme klitoris adalah satu-satunya hal yang diperlukan untuk menimbulkan reaksi berantai. (Tetapi bagi sebagian orang, setiap rangsangan pasca-orgasme ekstra tidak nyaman karena hipersensitivitas klitoris - jadi, penting untuk mendengarkan tubuh Anda.)

"Beberapa wanita mengalami serangkaian orgasme yang kurang intens diikuti oleh momen big-bang, sementara yang lain bergantian antara berbagai jenis rangsangan untuk menikmati berbagai jenis sensasi saat mereka orgasme," katanya.

Untuk meningkatkan peluang kepuasan berkali-kali, fokuslah pada latihan pernapasan. “Ketika gairah Anda memuncak dan Anda bernapas cepat, cobalah bernapas lebih perlahan, tarik napas melalui hidung dan embuskan melalui mulut, ”kata Dr. O'Reilly.

Jalur potensial lain untuk kelipatan adalah bereksperimen dengan melenturkan otot-otot dasar panggul Anda di antara setiap kontraksi selama orgasme pertama Anda, saran Dr. O'Reilly. Dia mengatakan Anda mungkin menemukan bahwa hal itu dapat memperpanjang sensasi, atau bahkan menghasilkan klimaks kedua atau ketiga.

Penting juga untuk dicatat, Seberapa sering dan seberapa banyak orgasme yang bisa Anda dapatkan, titik rangsangan menjadi kuncinya. "Yang terbaik adalah bersantai dan menikmati proses merangsang titik tersebut," imbau Dr. O'Reilly.

Baca juga: Yuni Shara Ungkap Susah Orgasme, Kenali 5 Sebabnya Selain Trauma