Yuni Shara Ungkap Susah Orgasme, Kenali 5 Sebabnya Selain Trauma

Pasca berpisah dengan Henry Siahaan pada tahun 2008 lalu, Yuni Shara masih memutuskan untuk sendiri. Penyanyi yang telah dua kali menikah ini memilih menjadi ibu tunggal bagi dua putranya. TEMPO/Nita Dian

kesehatan

Yuni Shara Ungkap Susah Orgasme, Kenali 5 Sebabnya Selain Trauma

Sabtu, 21 Desember 2019 11:15 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi Yuni Shara menjadi sorotan publik lantaran pengakuan kehidupan pribadinya saat menjadi bintang tamu acara Podcast di kanal Youtube Deddy Corbuzier yang tayang pada Rabu, 18 Desember 2019. Video yang banyak bercerita tentang latar belakang kehidupan pribadi kakak Krisdayanti ini telah ditonton lebih dari 1,8 juta pengguna YouTube dan mendapat like lebih dari 38 ribu. 

Dalam video itu, Yuni Shara mengaku hampir tak tahu rasanya orgasme ketika bercinta. “Aku gak tahu rasanya orgasme,” ujarnya. Pengalaman dan masa lalu pernikahan pertamanya yang tidak sesuai harapan dan berujung trauma Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) hingga kini masih belum sepenuhnya pulih.

Selain trauma dengan hubungan masa lalu, ada beberapa penyebab lain wanita susah orgasme. Melansir laman Womansday, sebuah penelitian Klinik Cleveland, Amerika Serikat, melaporkan bahwa hanya 10 persen wanita yang dapat dengan mudah mencapai orgasme. Sementara 90 persen lainnya harus berurusan dengan banyak faktor luar.

Misalnya posisi apa yang Anda lakukan hingga apa yang Anda lakukan sepanjang hari di tempat kerja, yang mungkin menghambat kemampuan Anda mencapai orgasme.

Beberapa penyebab lain yang membuat wanita susah mencapai orgasme

1. Memiliki kecemasan yang tinggi

"Kecemasan dapat menyebabkan pikiran mengganggu yang membuat wanita sulit untuk orgasme," kata psikiater New York-City Grant Hilary Brenner, MD. 

Bahkan, survei terbaru dari Universitas Valparaiso di Indiana menunjukkan bahwa lebih dari separuh wanita yang berjuang untuk orgasme dipicu dengan masalah kecemasan. Ditambah lagi, karena sifat kompleks dari kondisi ini, gangguan lain dapat meningkat saat bercinta, yang menyebabkan lingkaran setan kecemasan dan frustrasi. 

"Wanita dengan citra tubuh negatif cenderung juga melaporkan stres dan kecemasan," tulis Dr. Brenner dalam Psychology Today. Jika Anda merasa bahwa kecemasan mungkin berperan dalam kehidupan seks Anda, bicarakan dengan terapis.

2. Ketegangan otot

Wanita yang mengalami kesulitan mencapai orgasme hampir selalu diminta lebih rileks Tapi terapis seks Louanne Cole Weston, PhD, mengatakan hal itu bisa menjadi pendekatan yang salah. "Ketegangan otot sering diperlukan untuk orgasme," tulis Dr. Weston untuk WebMD . 

Sebagian besar wanita belajar untuk mengalami orgasme pertama mereka dengan memasukkan cukup banyak tungkai, perut, dan bokong. Weston juga merekomendasikan mengontraksikan otot-otot panggul bagian bawah - yang sama seperti yang Anda lakukan untuk latihan kegel.

3. Kurang lubrikasi

Survei Universitas Valparaiso menunjukkan bahwa hampir seperempat wanita yang mengalami kesulitan mencapai orgasme menyalahkan pelumasan atau lubrikasi yang kurang. 

"Lubricant membuat alat kelamin wanita (dan pria) lebih sensitif secara erotik, sehingga membantu wanita mengalami orgasme," tulis Michael Castleman, penulis Great Sex.

4. Stimulasi erotis

Beberapa wanita mungkin merasa tidak nyaman menggunakan mainan seks, tetapi mereka dapat meningkatkan pengalaman seksual dan dapat membantu mencapai orgasme jika mengalami masalah. Menurut sebuah studi The Journal of Sex and Marital Therapy, hampir 40 persen wanita membutuhkan stimulasi klitoris untuk orgasme. 

Bahkan, kata Castleman, "Beberapa wanita membutuhkan stimulasi intens yang hanya bisa diberikan oleh vibrator." Mulailah dengan sesuatu yang kecil, seperti vibrator peluru, lalu lihat panduan jika Anda ingin menjelajah.

5. Masturbasi selingan

"Seberapa sering Anda bersenang-senang secara langsung dapat mempengaruhi peluang untuk mencapai orgasme ketika Anda bersama pasangan, kata ahli terapi perkawinan dan seks Kat Van Kirk , Ph.D. 

Mengapa? Kemampuan seorang wanita untuk berfantasi dan menggunakan imajinasinya selama masturbasi dapat membantu melepaskan hambatan kreatifnya di tempat tidur, dan itu membantunya mempelajari dengan tepat bagaimana dan di mana ia suka disentuh.

Untuk meningkatkan peluang Anda mencapai orgasme dengan pasangan, Jenny Block, penulis O Wow: Discovering Your Ultimate Orgasm, merekomendasikan masturbasi beberapa kali seminggu.

EKA WAHYU PRAMITA