Tips Membersihkan Kerak yang Menempel di Alat Panggang, Jangan Pakai Air

Ilustrasi alat panggang untuk barbekyu. Unsplash.com/Zac Cain

ragam

Tips Membersihkan Kerak yang Menempel di Alat Panggang, Jangan Pakai Air

Sabtu, 26 Juni 2021 08:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Usai acara barbekyu, kita kerap berurusan dengan aktivitas membersihkan alat panggang. Kegiatan tersebut bisa menyulitkan karena lemak makanan yang menempel sehingga menjadi kerak membandel di kisi-kisi panggangan besi.

Agar terhindar dari hal itu, simak tips membersihkan alat panggang yang mudah dan memanfaatkan bahan yang ada di dapur Anda, seperti dikutip dari Well and Good, Kamis, 24 Juni 2021. Yang Anda butuhkan hanyalah bawang dan garpu panggangan, yuk simak selengkapnya

1. Jangan pernah menggunakan air

Jangan gunakan air saat membersihkan kisi-kisi panggangan besi sebab bisa menyebabkan karat dan menganggu kualitas panggangan selanjutnya. Sebagai gantinya, pakai bawang (bawang putih atau bawang bombai) atau gunakan pembersih panggangan alami yang ramah terhadap besi.

Jika panggangan Anda bukan dari besi, boleh menggunakan air terutama untuk pembersihan mendalam. Untuk melakukan ini, lepaskan jeruji dan rendam dalam bak berisi air sabun (atau dengan larutan cuka air). Anda juga dapat menyikat jeruji panggangan di dalam air untuk membantu mengikis kerak-kerak yang menempel.

Ilustrasi alat panggang untuk barbekyu. Unsplash.com/Evan Wise

2. Gunakan bawang untuk membersihkan jeruji panggangan

Setelah Anda selesai memanggang, biarkan panggangan Anda menyala. Kemudian, tempelkan setengah bawang putih di ujung garpu pemanggang Anda dan gosok dari atas ke bawah di sepanjang jeruji.

Panas dari panggangan dan sifat antibakteri alami pada bawang akan menghancurkan arang atau saus lengket yang membandel. Ingat: perapiannya harus panas, jadi gunakan garpu atau penjepit untuk menahan bawang.

Dan jika kerak atau noda makanan membandel, coba gunakan asam alami, seperti jus lemon atau cuka anggur putih, untuk mempercepat proses pengikisannya.

3. Mengikis kelebihan karbon

Setiap kali Anda menggunakan panggangan, lemak menumpuk di komponennya dan asap menguap menjadi karbon, serpihan kecil yang ada di tudung panggangan Anda. Untuk menghindari kotoran dan karbon masuk ke makanan Anda, Anda harus mengikis tudung dan pembakar secara teratur.

Saat Anda merendam kisi-kisi alat panggang, gunakan sikat panggangan di sepanjang penutup untuk menghilangkan kelebihan karbon dan kotoran.

NATHASYA ESTRELLA | WELL AND GOOD