Kenali Gejala COVID-19 pada Orang yang Sudah Disuntik Vaksin

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi virus Corona atau Covid-19. Shutterstock

Ilustrasi virus Corona atau Covid-19. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Vaksin virus corona menawarkan perlindungan substansial terhadap COVID-19, tetapi Anda masih dapat tertular penyakit virus setelah divaksinasi. Vaksin virus corona memberikan dua manfaat pada pencegahan virus.

Pertama, bisa mengurangi keparahan penyakit pada orang yang terkena, dan membuat virus kurang menular pada orang lain. Perlu ditekankan lagi, vaksin tidak menghentikan Anda dari tertular COVID-19.

Menurut data baru yang diterbitkan oleh aplikasi ZOE COVID Symptom Study, studi COVID-19 terbesar di dunia yang sedang berlangsung, bersin lebih dari biasanya dapat menjadi tanda COVID-19 pada orang yang telah divaksinasi. Seperti yang dijelaskan tim peneliti, bersin biasanya bukan gejala COVID-19, dan lebih mungkin menjadi tanda pilek atau alergi biasa.

"Meskipun banyak orang dengan COVID-19 mungkin bersin, itu bukan gejala pasti karena bersin sangat umum, terutama di bulan-bulan hangat di mana orang mungkin mengalami demam," kata tim peneliti dilansir dari Express.

Baca juga: Sebab Penderita Hipertensi Rentan Terinfeksi COVID-19, Menurut Dokter

Namun, data aplikasi penelitian menunjukkan bahwa orang yang telah divaksinasi dan kemudian dites positif COVID-19 lebih mungkin mengalami bersin sebagai gejala dibandingkan dengan mereka yang tidak disuntik. Ini menunjukkan bahwa banyak bersin tanpa penyebab setelah Anda divaksinasi bisa menjadi tanda COVID-19.

“Jika sudah divaksinasi dan mulai banyak bersin tanpa penjelasan, sebaiknya tetap di rumah dan menjalani tes COVID, terutama jika Anda tinggal atau bekerja di sekitar orang yang berisiko lebih besar terkena penyakit tersebut,” saran peneliti studi gejala COVID di aplikasi tersebut.

"Namun, penting untuk diingat bahwa hubungan antara bersin dan COVID-19 tidak terlalu kuat sehingga Anda harus tetap waspada terhadap 20 gejala penyakit itu, apakah Anda sudah divaksinasi atau belum, di mana gejalanya meliputi:

1. Suhu tinggi (demam)

2. Menggigil

3. Batuk terus menerus

4. Kehilangan atau perubahan penciuman (anosmia)

5. Kehilangan atau perubahan rasa (disgeusia)

6. Sakit kepala

7. Kelelahan yang tidak biasa (fatigue)

8. Sakit tenggorokan

9. Kebingungan tiba-tiba (delirium), terutama pada orang tua

10. Ruam kulit

11. Perubahan pada mulut atau lidah (lidah COVID)

12. Jari tangan atau kaki merah dan sakit (jari tangan/kaki COVID)

13. Sesak napas

14. Nyeri dada

15. Nyeri otot

16. Suara serak

17. Diare

18. Sulit makan

19. Sakit perut

20. Pilek

Jadi, bagi yang sudah ataupun belum disuntik vaksin Covid-19, protokol kesehatan selalu dipatuhi setiap berkegiatan di luar rumah, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, hingga mengurangi mobilitas.  

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."