5 Langkah Membuat Croissant di Rumah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi croissant. Pixabay.com/Pexels

Ilustrasi croissant. Pixabay.com/Pexels

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaCroissant adalah kuliner asli Austria yang selama ini kerap dianggap sebagai hidangan Prancis. Kue ini bermentega dan bersisik ini terbuat dari adonan berlapis ragi. Berbentuk bulan sabit dan memiliki banyak lapisan yang berasal dari adonan. Lapisan-lapisan renyah di bagian luar dan lembap di bagian dalam itu merupakan hasil dari proses pelipatan dan penggulungan yang berulang-ulang.

Mentega yang dioleskan pada adonan membantu membuat setiap lapisan tipis pastry menjadi renyah dan bersisik. Anda berencana membuat croissant di akhir pekan nanti? Berikut resepnya seperti dikutip dari Pink Villa, Kamis, 17 Juni 2021.

Bahan-bahan

  • 1 1/4 sdt ragi kering
  • 3 sdm air hangat
  • 3 sdt gula
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm minyak
  • 2/3 cangkir susu hangat
  • 1 cangkir tepung halus

Cara membuat

Langkah pertama

Mulailah dengan mencampur 1 ¼ sdt ragi kering aktif, 3 sdm air hangat dan 1 sdt gula dalam mangkuk. Diamkan hingga menjadi creamy.

Langkah 2

Campurkan 1 cangkir tepung halus, 2 sdt gula, 1 sdt garam, 2/3 cangkir susu hangat dan 2 sdm minyak. Aduk hingga merata lalu tambahkan campuran ini ke adonan ragi. Uleni dengan baik dan tutup selama 3 jam agar mengembang dengan benar.

Kempiskan adonan sedikit lalu biarkan mengembang lagi selama 3 jam. Kempiskan lagi dan dinginkan selama 20-30 menit.

Langkah 3

Pipihkan adonan menjadi persegi panjang. Ambil mentega dan oleskan pada adonan. Terus lipat adonan lalu putar 90 derajat untuk membuat lipatan dari kiri ke kanan. Gulung adonan menjadi persegi panjang dan ulangi proses melipat.

Taburi tepung halus di atas adonan dan diamkan selama 2 jam dalam kantong plastik. Setelah dingin, taburi lagi adonan dengan tepung dan ulangi proses penggulungan dan pelipatan. Diamkan selama 2 jam.

Langkah 4

Gulung adonan menjadi persegi panjang dan potong menjadi dua melintang. Gulung setiap bagian hingga ketebalan sekitar 0,3 cm. Potong adonan menjadi segitiga dengan panjang sekitar 17-18 cm. Regangkan ujung masing-masing untuk membuat titik. Tempatkan ini di atas loyang dalam bentuk melengkung dan biarkan mengembang.

Langkah 5

Untuk mengoles bagian luar croissant, campurkan 1 butir telur dengan 1 sdm air dalam mangkuk. Oles hingga merata. Panggang croissant pada suhu 250 derajat celsius selama 15-20 menit. Nikmati selagi hangat dengan secangkir teh atau kopi favorit Anda.

Selamat membuat croissant di rumah...

Baca juga: Tagar #bakedoats Viral di TikTok, Ini Resep Oatmeal Panggang Mudah

NATHASYA ESTRELLA

 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."