Banyak Perdebatan Screen Time untuk Anak, Ini Durasi Paling Pas

Ilustrasi anak menonton televisi. Shutterstock.com

keluarga

Banyak Perdebatan Screen Time untuk Anak, Ini Durasi Paling Pas

Selasa, 15 Juni 2021 16:15 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Semakin banyak orang tua yang membiarkan anak-anak mereka menonton berbagai konten melalui smartphone, komputer, televisi atau permainan video. Hal ini berakibat pada kondisi screen time anak atau waktu anak memandang layar elektronik semakin banyak.

Jumlah waktu screen time sering menjadi perdebatan orang tua saat ini. Semakin banyak anak terpapar layar elektronik bisa berdampak buruk bagi anak-anak seperti rabun jauh akibat radiasi, speech delay, masalah dengan kehidupan sosial, mendapat informasi negatif karena tidak ada yang mendampingi, kecanduan gadget hingga hilang konsentrasi saat belajar akibat kurang tidur.

“Coba pahami betul, seberapa mampu orang tua mendampingi si kecil dalam memakai gadget, seberapa mampu si kecil mampu menyaring informasi yang di dapat di internet, dan seberapa besar dampak kesehatan yang ditimbulkan akibat gadget,” tulis Andreas, dokter spesialis anak dalam laman Instagramnya @dr.andreas.spa, Senin 14 Juni 2021.

Pada 2019, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan anak-anak di bawah usia 5 tahun menghabiskan 1 jam atau kurang pada perangkat digital dan bayi di bawah 1 tahun tidak boleh terpapar perangkat digital. WHO juga mengatakan meningkatkan aktivitas fisik, mengurangi waktu duduk dan memastikan kualitas tidur pada anak kecil akan meningkatkan kesehatan fisik, mental dan kesejahteraan mereka.

Sebelum hal-hal buruk terjadi kepada anak Anda, ada baiknya untuk membatasi screen time anak, dan menyimak rekomendasi screen time untuk Anak yang diberikan dokter Andreas. Usia 18 bulan atau kurang Anak usia 18 bulan atau kurang sebaiknya tidak diberikan waktu untuk gadget, kecuali untuk panggilan video dengan keluarga. ·

Usia 18 bulan – 2 tahun Batasi waktu, dan larang penggunaan tanpa pendampingan. Orang tua dianjurkan untuk memilih program yang dapat ditonton oleh anak dan mendampingi anak. Anda juga perlu mengatur waktu bebas bersama keluarga, seperti saat makan atau mengemudi dan zona bebas gadget seperti kamar tidur.

Usia 2 – 5 tahun Anak usia 2 hingga 5 tahun dibatasi waktu 1 jam per hari. Selain membatasi, orang tua wajib mendampingi dan memberikan penjelasan dan penerapan di kehidupannya.

Usia 6 tahun atau lebih Konsisten untuk membatasi waktu dan jenis tontonan. Jangan biarkan gadget mempengaruhi kualitas, perilaku dan jam tidur anak.

Baca: Cegah Mata Minus pada Anak, Batasi Screen Time dan 3 Hal InI