BCL Maknai Sukses: Bukan Mencapai Sesuatu, tapi Jadi Versi Diri yang Lebih Baik

BCL rayakan ulang tahun ke-38 dengan membuka donasi bersama #KawanPuan untuk para perempuan penyintas kekerasan. (Foto: Instagram/@bclsinclair)

ragam

BCL Maknai Sukses: Bukan Mencapai Sesuatu, tapi Jadi Versi Diri yang Lebih Baik

Kamis, 10 Juni 2021 14:20 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap orang punya definisi sukses masing-masing. Begitu pula dengan penyanyi Bunga Citra Lestari atau BCL yang melihat sukses atau berhasil bukan dari mencapai sesuatu, tapi bagaimana kita menjadi versi terbaik diri sendiri.

"Berhasil itu ada masa dan prosesnya. Berhasil itu bukan mencapai sesuatu, tapi bisa menjadi versi diri kita yang lebih baik itu sudah keberhasilan," ujar BCL di kanal YouTube Tujuhan, Ahad, 6 Juni 2021.

Lebih lanjut, istri mendiang Ashraf Sinclair ini menjelaskan bahwa sukses juga bisa dilihat dari cara kita menerima hasil kerja keras. "Oke mungkin dia dah sampai sini, gue baru sampai sini. Jika kamu bahagia, itu keberhasilan. Belum tentu mereka bahagia sampai di situ atau belum tentu seperti yang digambarkan," tutur BCL.

Di mata BCL, ilmu dari suatu keberhasilan terletak pada prosesnya. Ia menyebutkan dalam proses itu kita bisa mengenal lebih dalam kemampuan diri saat menyelesaikan beragam tantangan. "Enjoy the challenge," imbuh perempuan 38 tahun ini.

"Kalau kita buru-buru, lari-lari, kita kehilangan momen melihat kanan kiri kita, bukan orang, ya. Tapi maksudnya melihat kejadian-kejadian ini dengan pandangan yang agak sedikit berbeda," tukasnya.

Baca juga: Pilates bagi BCL: Terapi dan Bikin Lebih Bahagia

Lalu, ia menyebutkan arti sukses di era milenial bisa dipengaruhi oleh media sosial, berbeda dari zamannya dulu. Dengan mudahnya terhubung dengan siapa pun di belahan dunia manapun dapat menimbulkan rasa tidak aman atau insecure melihat kesuksesan orang lain.

"Jadi kompetisinya kan ada di media sosial. Kalau dulu di zaman aku, gak ada (media sosial). Yang sukses sukses banget juga enggak bakal ketahuan, gak bakal kedengeran. Yang enggak sukses juga enggak bakal keliatan. Jadi security-nya ada. Kita enggak terlalu membanding-bandingkan diri dengan orang lain," tutur penyanyi lagu Cinta Sejati ini.

"Tapi sekarang everybody connected karena ada social media, walaupun kalian gak ketemu gak main bareng, tapi kalian tahu 'nih temen gue SMA, sekarang udah jadi ini sekarang. Si ini jadi ini'. Jadi, tentunya ada insecure yang datang dari situ dan membuat kita pengen cepet-cepet berhasil," pungkasnya.

Jadi, nikmati proses menuju kesuksesan versi kamu, ya, seperti yang disampaikan BCL.