Pilates bagi BCL: Terapi dan Bikin Lebih Bahagia

BCL membagikan fotonya saat pilates. Instagram/@bclsinclair

ragam

Pilates bagi BCL: Terapi dan Bikin Lebih Bahagia

Rabu, 26 Mei 2021 21:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi Bunga Citra Lestari atau BCL belakangan ini kerap membagikan unggahan ia melakukan pilates. Melalui akun Instagram-nya sejak awal Mei 2021, BCL menunjukkan sesi latihannya menggunakan alat-alat pilates, seperti reformer, cadillac, dan ladder barrel. 

Contohnya di unggahan Instagram, Rabu, 26 Mei 2021, BCL membagikan kolase swafotonya duduk di atas bantalan reformer. Ia tampak mengenakan busana olahraga two piece nuansa monokrom.

Di slide selanjutnya, ia menunjukkan gerakan maju mundur dengan badan membungkuk dan tangan kiri mengenggam pegangan reformer berulang kali. Di video itu, terdengar sang pelatih mengarahkan BCL untuk membetulkan posisinya.

Di unggahan itu, BCL mengungkapkan pilates membuatnya lebih bahagia. "Pilates makes me happier," tulisnya.

Baca juga: Joging Bareng Noah, BCL Tampil Sporty dengan Sweater Hoodie Ungu

Saat melakukan gerakan lainnya di atas reformer, BCL mengungkapkan itu tak semudah yang dilihat kasat mata. "Kelihatannya mudah, tapi ini sakit banget," tulisnya di Instagram Stories Rabu Siang. 

Seminggu sebelum unggahan hari ini, BCL mengungkapkan pilates merupakan terapi untuknya. "Pilates is my therapy," ucapnya di keterangan foto hitam putih saat berpose di atas ladder barrel. 

Pilates adalah metode olahraga fokus melatih kelenturan dan fleksibilitas seluruh bagian tubuh. Metode olahraga ini dikembangkan oleh Joseph Hubert Pilates di awal abad ke-20. Joseph berasal dari Jerman.

Ada banyak manfaat kesehatan jika rutin melakukan pilates, contohnya bisa meningkatkan fleksibilitas dan mobillitas tubuh. Pilates juga bisa meningkatkan produksi kolagen di dalam kulit. Gerakan pilates mampu meningkatkan sirkulasi darah, sehingga banyak nutrisi yang langung dikirim ke sel-sel kulit.

Tak hanya itu, latihan secara dinamis memacu detak jantung tetap tinggi, akibatnya racun jahat terdetoks dari tubuh. Nutrisi tersebut meningkatkan kolagen kulit sehingga membantu kulit wajah terlihat lebih kencang, bercahaya, dan rileks.

Pilates juga bisa mencegah stres, meremajakan kulit, menjaga berat badan ideal, hingga mencegah dan mengurangi cedera.

Dari sederet manfaat pilates di atas, apakah kamu tertarik melakukan pilates seperti BCL? Jika kamu pemula, lakukan latihan sesuai kemampuan kamu. Lebih baik lagi bersama instruktur untuk memastikan kebenaran pose kamu. Bagi yang sudah lama melakukannya, terus semangat latihan.

SILVY RIANA PUTRI | S. DIAN ANDRYANTO