Cerita Ayu Maulida Puasa Ramadan di Ajang Miss Universe: Aku Merasa Balance

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ayu Maulida, Puteri Indonesia 2020. Instagram/@ayumaulida97

Ayu Maulida, Puteri Indonesia 2020. Instagram/@ayumaulida97

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Puteri Indonesia 2020, Ayu Maulida atau Ayuma, membagikan pengalamannya menjalani puasa Ramadan selama ajang Miss Universe 2020 di Florida, Amerika Serikat. Seperti diketahui Ayu Maulida dan 72 finalis lain dari berbagai negara menjalani masa karantina sejak 6 Mei 2021 hingga malam puncak final pemilihan Miss Universe pada 16 Mei 2021, rangkaian acara itu bertepatan dengan bulan Ramadan.

Ayuma mengaku hanya ia yang menjalani puasa Ramadan. Ia juga sempat kesal karena diajak tidak berpuasa kala itu.

"Kebetulan benar-benar aku cek, yang puasa waktu itu cuma aku aja sih dari seluruh orang yang ada di sana. Akhirnya kan semua pada bingung, kenapa sih kok puasa. Ada banyak juga yang ngomong 'udah gak usah puasa', tapi kan kesel sendiri ya. Dalam arti, gue pengen puasa gitu kan," ujar Ayuma saat berbincang dengan Arumi Bachsin di vlog yang ditayangkan di kanal YouTube Arumi Bachsin, Rabu, 9 Juni 2021.

Selain godaan yang mengajaknya tak berpuasa, tantangan lain Ayuma puasa Ramadan di ajang Miss Universe adalah waktu berbukanya yang bertepatan dengan berakhirnya jam makan malam di tempatnya menginap.

"Karena bulan puasa, trus di sana itu dinner (makan malam) always start (selalu mulai) dari jam 7 sampai jam 8. Magribnya di sana jam 8. Jadi, kayak gimana, ya," kata perempuan kelahiran Surabaya, 11 Juli 1997.

Baca juga: Ayu Maulida Tampilkan Kostum Komodo di Miss Universe, Bisa Nyala Dalam Gelap

Dalam balutan gaun malam itu, Ayu Maulida seakan menjelma sebagai sosok Dewi dan Ratu hutan yang bersinar merebut keindahan di tengah penggundulan hutan. Foto: Instagram

Meski beragam tantangannya menjalani puasa Ramadan selama di ajang Miss Universe, Ayu Maulida merasakan betul manfaatnya terutama kian menguatkan mentalnya untuk berkompetisi.

"Justru dengan puasa itu, aku mendapatkan kekuatan mental. Di situ aku merasa balance (seimbang). Di saat aku takut, gugup, atau apa, aku tahu aku punya sesuatu yang aku pegang. Iman aku yang kuat," imbuh lulusan Sarjana Hukum dari Universitas Airlangga, Surabaya.

Ayu Maulida mengungkapkan hal paling disyukurinya selama ia berada di ajang Miss Universe 2020 adalah saat mengenakan selempang bertuliskan Indonesia dan berjalan di atas panggung. 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."