Ketahui Seluk Beluk Microneedling yang Bisa Bantu Kulit Lebih Sehat dan Muda

Ilustrasi wanita melihat wajahya di cermin. Freepik.com/Lifeforstock

kecantikan

Ketahui Seluk Beluk Microneedling yang Bisa Bantu Kulit Lebih Sehat dan Muda

Kamis, 3 Juni 2021 10:30 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Beragam jenis perawatan kulit wajah untuk terlihat lebih sehat dan muda. Salah satu di antaranya microneedling yang sering juga disebut sebagai Microneedle Therapy System atau MTS. Microneedling bukanlah perawatan yang baru di dunia kecantikan, tetapi masih banyak orang belum tahu apa itu sebenarnya dan kegunaannya bagi kulit. 

Microneedling adalah sebuah perawatan yang bertujuan untuk mengatasi berbagai masalah kulit dengan cara menstimulasi produksi kolagen dan elastin, dua protein penting yang membuat kulit lebih sehat dan terlihat lebih muda. 

“Karena ada luka-luka kecil ini, tubuh mendapat sinyal untuk memulai proses penyembuhan, yang kemudian menstimulasi produksi kolagen yang baru. Kolagen baru inilah yang membuat kulit yang sudah sembuh menjadi lebih sehat dan muda.”  ujar Fenny Ng, Dokter Penanggung Jawab Yugen Clinic, dalam keterangan resmi, Rabu, 2 Juni 2021.

Di Yugen Clinic, salah satu klinik kecantikan di Sunter, Jakarta Utara, microneedling dimulai dengan facial untuk pembersihan wajah dan pemberian anestesi lokal.

Baca juga: 5 Khasiat Kolagen bagi Tubuh, Meningkatkan Kesehatan Kulit, Tulang, dan Jantung

Setelah anestesi sudah bekerja, microneedling kemudian dilakukan dengan cara menerapkan alat dengan jarum-jarum halus untuk menciptakan micro wounds atau luka-luka kecil di kulit, dan memberikan serum yang sesuai kebutuhan kulit. 

Ia menjelaskan, semakin bertambahnya umur, produksi kolagen di tubuh semakin menurun, sehingga kulit Anda terlihat semakin tua, berkeriput, kusam, dan masalah kulit lebih susah ditangani.  Dengan merangsang kolagen dan elastin di kulit, katanya, microneedling dapat mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat, scarring, flek, pigmentasi, kerutan halus, kulit yang kendur, pori-pori, bopeng, dan lainnya. 

Meskipun microneedling tidak lagi asing di dunia kecantikan, perawatan ini akan jauh lebih aman dan efektif jika dilakukan oleh dokter yang bersertifikasi di klinik yang berlisensi, dengan serum yang sudah teregistrasi di BPOM dan alat yang sudah terbukti. 

“Di Yugen Clinic, kami menggunakan Dermapen 4 — alat microneedling paling terkenal sedunia. Dermapen 4 ini memiliki 16 jarum, berbeda dengan alat microneedling pada umumnya, yang hanya memiliki 12 jarum,” ungkap Fenny.

Namun, sambungnya, biasanya microneedling tidak disarankan untuk kulit berjerawat karena bisa membuat semakin parah, namun dengan Dermapen 4 dan teknik yang kami gunakan, microneedling malah menjadi salah satu solusi favorit pasien Yugen Clinic untuk mengatasi kulit berjerawat, memudarkan bekas jerawat, dan memperbaiki tekstur kulit yang kurang rata akibat bopeng dan lain-lain.

“Hati-hati, karena pengerjaan microneedling yang abal-abal dapat membuat masalah kulit semakin parah, atau takutnya malah menyebabkan infeksi kulit yang berkelanjutan.” 

Fenny juga menyarankan konsultasi dengan dokter sangatlah penting sebelum perawatan kulit wajah apapun, termasuk microneedling, sehingga perawatan yang diberikan adalah yang paling tepat sesuai jenis kulit Anda