5 Khasiat Kolagen bagi Tubuh, Meningkatkan Kesehatan Kulit, Tulang, dan Jantung

Ilustrasi minuman berkolagen. youtube.com

kesehatan

5 Khasiat Kolagen bagi Tubuh, Meningkatkan Kesehatan Kulit, Tulang, dan Jantung

Jumat, 21 Mei 2021 14:00 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahukah kamu kolagen merupakan protein yang paling banyak terkandung di dalam tubuh. Kolagen memiliki banyak fungsi penting untuk tubuh di antaranya memperbaiki kulit dan memperkuat tulang.

Seperti diketahui beberapa tahun belakangan, suplemen dan minuman dengan kandungan kolagen menjadi populer. Kandungan kolagen di dalamnya telah dipecah sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Melansir dari Healthline, berikut lima manfaat kesehatan yang didapatkan dari mengonsumsi kolagen.

1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kolagen merupakan komponen utama dalam kulit. Kolagen berperan dalam memperkuat kulit, menjaga elastisitas dan kelembapan kulit. Namun, seiring bertambahnya usia, tubuh akan menghasilkan lebih sedikit kolagen.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kolagen dapat membantu memperlambat penuaan dengan mengurangi keriput dan kekeringan. Selain itu mengonsumsi suplemen kolagen dapat meningkatkan produksi protein lain yang membantu menyusun kulit Anda, termasuk elastin dan fibrillin.

Baca juga: Berkaca dari Pengalamannya, Luna Maya Rilis Produk Minuman Serbuk Kolagen

2. Membantu Meredakan Nyeri Sendi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen kolagen dapat membantu memperbaiki gejala osteoartritis dan mengurangi nyeri sendi secara keseluruhan. Para peneliti juga berteori bahwa kolagen tambahan dapat menumpuk di tulang rawan dan merangsang jaringan Anda untuk membuat kolagen.

3. Mencegah Pengeroposan Tulang

Pada dasarnya sebagian besar dari tulang manusia terbuat dari kolagen. Kolagen berfungsi menjaga struktur tulang dan membantu tetap kuat. Sebuah Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen kolagen membantu menghambat kerusakan tulang yang menyebabkan osteoporosis.

Kolagen tambahan juga membantu meningkatkan BMD (kepadatan dalam tulang) dan menurunkan kadar protein dalam darah yang merangsang kerusakan tulang.

4. Meningkatkan Massa Otot

Jaringan otot manusia terdiri dari kolagen sebesar 1-10%. Protein ini diperlukan untuk menjaga otot Anda tetap kuat dan berfungsi dengan baik. Studi menunjukkan bahwa suplemen kolagen membantu meningkatkan massa otot pada penderita sarcopenia, hilangnya massa otot yang terjadi seiring bertambahnya usia.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Para peneliti berteori bahwa mengonsumsi suplemen kolagen dapat membantu mengurangi risiko kondisi terkait jantung. Kolagen menyediakan struktur pada arteri Anda, yang merupakan pembuluh darah yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh.

Kini varian kolagen tambahan pun beragam mulai dari bentuk suplemen hingga minuman praktis. Jika Anda memilih untuk mengonsumsi kolagen dalam bentuk minuman, berhati-hatilah terhadap kandungan gula terutama bagi Anda yang memiliki diabetes.