Rekomendasi Menu Sarapan hingga Camilan untuk Pasien Covid-19, Menurut Ahli

Buah dan sayur tak hanya kaya akan vitamin. Makanan sehat ini juga memiliki kandungan protein yang diperlukan tubuh.

kesehatan

Rekomendasi Menu Sarapan hingga Camilan untuk Pasien Covid-19, Menurut Ahli

Kamis, 3 Juni 2021 09:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Selama masa pemulihannya, ada sejumlah makanan yang disarankan dan sebaiknya dihindari untuk pasien Covid-19. Menurut advokat kesehatan dan pelatih nutrisi, Ekansha Wahi, pasien Covid-19 perlu membatasi atau bahkan menghindari makanan tinggi gula, tinggi garam, dan karbohidrat sederhana (yang terurai sebagai gula dalam tubuh kita).

Diet padat nutrisi diperlukan bagi mereka untuk pulih dari Covid-19. Ini berarti mendapatkan bahan pembangun dari protein serta energi konstan dari karbohidrat kompleks bersih dan lemak baik. Tubuh juga perlu mendapatkan makanan kecil sepanjang hari agar proses pencernaan tetap lancar. Berikut beberapa rekomendasi menu yang dibagikan Wahi untuk mendukung daya tahan tubuh pasien Covid-19 dikutip dari Pink Villa, Rabu, 2 Juni 2021.

1. Sarapan

Sarapan harus padat nutrisi dan sehat. Oat yang direndam semalaman, puding chia hangat, bubur buatan sendiri yang hangat atau 1 butir telur, bayam, dan setengah alpukat adalah pilihan sarapan yang baik untuk memberikan dorongan energi instan.

2. Makan siang

Beberapa pilihan padat nutrisi untuk makan siang adalah sup ayam atau sup miju-miju dengan sayuran hijau tua untuk menghidrasi dan mempercepat tingkat pemulihan. Anda juga dapat minum perasan air kunyit, laksa yang diresapi bawang putih jahe dalam santan atau poha dengan banyak sayuran atau chila yang dibuat dengan banyak sayuran dan yogurt.

Baca juga: 3 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Pasien Covid-19

3. Camilan

Anda bisa menyantap semangkuk kecil buah beri, kacang-kacangan dan biji-bijian dengan sedikit kurma atau salad alpukat dan mentimun dengan lemon dan garam, atau makan buah-buahan yang kaya akan kandungan vitamin Calami seperti jeruk nipis, jeruk, jeruk bali, kiwi, mangga, pepaya.

Anda juga dapat menambahkan seledri atau smoothie labu pahit ke dalam diet Anda. Labu pahit, seledri, setengah apel hijau, atau 7-8 blueberry dengan jahe lemon kunyit lada hitam harus dicampur. Ini dapat dikonsumsi setiap hari sebagai alternatif.

4. Makan malam

Untuk makan malam, makanlah beberapa sayuran kukus panggang seperti brokoli atau paprika bersama dengan salmon, atau khichadi ayurveda, atau sup kaldu tulang. Atau sepiring ubi jalar panggang dengan sayuran dan ayam panggang.

Selain makanan, pastikan juga cukup minum. Sebab air membantu mengangkut nutrisi dan senyawa dalam darah dan mengatur suhu tubuh Anda. Juga membantu dalam melepaskan dan membuang racun yang telah dibuat dalam tubuh karena virus dan obat-obatan.

Beberapa tips untuk pasien Covid-19 yang sedang mengisolasi mandiri di rumah:

- Periksa nadi Anda setiap beberapa jam dan tetap berhubungan dengan dokter Anda.

- Latihan pernapasan setiap beberapa jam dan bermeditasi secara teratur untuk menenangkan pikiran karena melawan Covid-19 adalah pertempuran kesehatan mental juga.

- Tingkatkan asupan air Anda dan minum cairan seperti Kadha dan teh herbal yang bersifat menenangkan.

- Lakukan uap wajah dengan setetes minyak kayu putih atau minyak pohon teh.

- Tidur minimal 8 jam sehari untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh selama pemulihan dari Covid-19.

NATHASYA ESTRELLA | PINK VILLA