Pentingnya Memiliki Hobi untuk Menjaga Kesehatan Mental

Ilustrasi urban farming/berkebun di perkotaan. Shutterstock

kesehatan

Pentingnya Memiliki Hobi untuk Menjaga Kesehatan Mental

Minggu, 23 Mei 2021 17:55 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah akhir-akhir ini Anda merasa sangat tertekan atau stres? Coba hilangkan perasaan tersebut dengan melakukan hobi.

Melakukan hobi ternyata baik bagi kesehatan mental. Melansir dari brit.co, Sabtu 22 Mei 2021, ahli saraf, musisi, dan konsultan untuk aplikasi pembelajaran gitar Fender, Fender Play, Daniel Levitin mengatakan berinvestasi dalam hobi dapat memperkaya kehidupan pikiran.

Berikut adalah manfaat dari hobi:

1. Hobi membuat kreatif Melukis, mengolah kayu, atau memanggang muffin, Anda tidak hanya menghasilkan sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya, Anda juga melibatkan jaringan kreatif otak. Pengejaran kreatif adalah tindakan eksperimental. "Tindakan eksperimen ini memperluas jaringan saraf di otak kita, membuat hubungan antara sirkuit di otak yang mungkin tidak terhubung. Ini sebenarnya memodulasi tingkat hormon perasaan-baik dopamin dan opioid di otak" kata Levitin.

Meskipun persepsi populer cenderung mengaitkan tipe kreatif dengan penyakit mental, penelitian menunjukkan bahwa pengejaran imajinatif sebenarnya restoratif untuk kesehatan mental. Saat melakukan hobi kreatif, mungkin juga menemukan diri Anda dalam keadaan mental yang mengalir.

Menurut psikolog Mihály Csikszentmihályi, konsep mengalir terkadang lebih dikenal sebagai masuk. Lebih spesifiknya, seperti sedang terlibat dalam suatu aktivitas yang hampir mencapai fokus meditatif. Misalnya, ketika Anda duduk atau membaca buku, atau bermain piano, pikiran Anda tenang dan fokus. Itu mengalir begitu saja. Masuk ke dalam keadaan terfokus ini meningkatkan kesadaran, yang dikenal dengan efek positif pada stres dan kecemasan.

2. Meningkatkan citra diri Ketika citra diri perlu mendapat perhatian, Anda biasanya menggunakan media sosial untuk mendapatkan tanda suka konten yang diunggah. Tetapi untuk hasil yang lebih baik, cobalah menyelami hobi favorit Anda. Menghabiskan waktu untuk kesenangan diri sendiri adalah hadiah pribadi. Beberapa hobi menghasilkan hadiah yang sebenarnya dapat Anda berikan kepada orang lain. Memberikan kartu buatan tangan atau memberkati teman dengan bakat musik Anda bisa sangat membantu meningkatkan getaran baik. Hobi juga berfungsi untuk menjauhkan kegelisahan dengan membantu mengasah keahlian yang berharga. Jenis penguasaan keterampilan ini telah dikaitkan dengan berkurangnya tekanan psikologis. Menariknya, survei yang dilakukan oleh Fender menemukan bahwa, orang yang bermain gitar sebagai hobi telah meningkatkan kesabaran, kepercayaan diri pada diri dan keterampilan, etos kerja dan ketekunan.

3. Menghubungkan dengan orang lain Sejumlah hobi dilakukan dalam kelompok, atau cocok untuk berkolaborasi dengan orang lain. Hobi baru bisa menjadi cara yang bagus untuk bertemu orang baru dan menjalin persahabatan, meskipun itu virtual. Pengalaman bersama meningkatkan kenikmatan aktivitas dan membantu merasa tidak terlalu terisolasi.

4. Mengurangi stres Hobi adalah penawar sempurna untuk stres karena pekerjaan multitasking dan pekerjaan berbasis komputer. Penelitian menunjukkan, bahwa kesehatan fisik dan kesehatan mental mendapat manfaat ketika menggunakan waktu senggang untuk sesuatu yang konstruktif, tetapi menyenangkan. Apakah sepak bola atau belajar gitar untuk pertama kalinya, mungkin inilah saatnya menjadikan hobi favorit Anda sebagai prioritas.

Baca: Aliya Rajasa Cerita SBY Meneruskan Kembali Hobi yang Terhenti 50 Tahun Lalu