5 Cara Menghilangkan Stretch Mark Tanpa Operasi dan Laser

Ilustrasi stretch marks. beautyandmakeup.net

kesehatan

5 Cara Menghilangkan Stretch Mark Tanpa Operasi dan Laser

Minggu, 16 Mei 2021 23:51 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Stretch mark atau garis putih pada lapisan kulit seringkali membuat perempuan tidak percaya diri. Untuk itu para ahli telah mencoba selama bertahun-tahun mencari cara menghilangkan stretch mark secara efektif. Beberapa di antaranya cukup menjanjikan.

Dikutip dari Medical News Today, stretch mark berawal ketika lapisan tengah kulit meregang terlalu cepat, dan beberapa serat kolagennya bisa pecah. Hal ini memungkinkan pembuluh darah di bawahnya terlihat, meninggalkan tanda merah atau keunguan. Lama kelamaan tanda ini memudar dan berubah menjadi warna putih saat pembuluh darah sembuh. Namun, begitu berubah warna, tanda yang kemudian lebih dikenal dengan istilah stretch mark ini biasanya tidak hilang sepenuhnya.

Cara menghilangkan stretch mark sebenarnya tidak bisa dengan cara yang benar-benar alami. Namun, ada beberapa pengobatan yang dapat membantu meminimalkan munculnya stretch mark dan membantunya memudar lebih cepat.

Berikut beberapa bahan dan cara yang bisa Anda coba.

1. Vitamin A

Anda bisa menggunakan ekstrak vitamin A atau yang juga disebut sebagai retinoid. Carany, cukup dengan menggunakan ekstrak topikal vitamin A untuk dioleskan pada kulit. Anda juga bisa mengonsumsi vitamin A secara oral karena dapat berkontribusi pada kesehatan dan penampilan kulit Anda secara keseluruhan. Pola makan yang kaya makanan tertentu, seperti wortel dan ubi, juga dapat membantu Anda meningkatkan kadar vitamin A.

2. Gula

Beberapa orang menganggap gula sebagai metode mikrodermabrasi naturopati. Mikrodermabrasi yang dilakukan oleh dokter kulit adalah salah satu dari sedikit metode yang terbukti secara klinis untuk memudarkan stretch mark.

Anda bisa mengoleskan scrub gula pada kulit yang terdapat stretch mark. Cara untuk membuat scrub ini juga mudah. Campurkan satu cangkir gula dengan 1/4 cangkir bahan pelembut, seperti minyak almond atau minyak kelapa, sebelum mencampurkan pasir pantai yang basah hingga mencapai konsistensi. Tambahkan jus lemon pada adonan dan gosokkan campuran tersebut pada bagian tubuh Anda yang terdapat stretch mark. Anda bisa mengulangi beberapa kali seminggu saat mandi dan pastikan untuk menggosok campuran selama 8-10 menit.

3. Lidah buaya

Bukti klinis terkait lidah buaya sebagai obat stretch mark memang masih sangat sedikit. Namun, lidah buaya murni adalah agen penyembuhan alami dan pelembut kulit. Ini menjadikannya pengobatan rumahan yang ideal untuk mencoba mengatasi stretch mark. Anda bisa mencoba untuk mengoleskan lidah buaya murni dari tanaman ke stretch mark Anda setiap hari setelah mandi.

4. Asam hialuronat

Cara lain untuk menghilangkan stretch mark adalah dengan membantu tubuh memproduksi kolagen. Kolagen adalah protein di kulit Anda yang memungkinkannya untuk menjaga bentuknya dan tampak sehat. Seiring bertambahnya usia, kolagen menurun di wajah dan tubuh kita.

Dikutip dari Healthline, produksi kolagen dapat distimulasi dengan asam hialuronat. Asam hialuronat dapat diserap dengan mengonsumsi kapsul atau ekstrak.

5. Minyak kelapa

Minyak kelapa telah dipelajari memiliki khasiat penyembuhan luka kulit. Dengan menerapkan minyak kelapa murni ke bagian kulit yang memiliki stretch mark setiap hari, Anda dapat menghilangkan sebagian kemerahannya.

Perlu diketahui, bahwa penyebab beberapa orang mengalami stretch mark dan yang lainnya tidak tetap tidak jelas. Beberapa orang mungkin lebih rentan mengalami stretch mark karena faktor genetik atau kadar hormon tertentu.

Sebenarnya tak ada jaminan untuk mencegah stretch mark. Dikutip dari WebMD, cara terbaik untuk menurunkan peluang Anda adalah dengan menjaga berat badan yang sehat, bahkan selama kehamilan. Bicaralah dengan dokter Anda tentang rencana olahraga dan cara makan dengan baik.

Baca juga: Nina Zatulini Sempat Salah Mengatasi Stretch Mark

MEDICAL NEWS TODAY | HEALTHLINE | WEBMD