Selain Telur, 6 Makanan Ini Lebih Baik Dimakan dengan Direbus

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi telur rebus (Pixabay.com)

Ilustrasi telur rebus (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Meski makanan rebus bukan pilihan yang paling sehat, tapi olahan itu lebih menyehatkan dibandingkan makanan yang digoreng atau dibakar.
Saat Anda merebus makanan, senyawa kompleks yang ada dipecah menjadi senyawa sederhana, sehingga membuat makanan mudah dicerna.

Beberapa manfaat kesehatan dari makanan rebus adalah membantu menurunkan berat badan, memperbaiki tekstur kulit, mencegah keasaman, dapat membantu mencegah timbulnya batu ginjal, meredakan radang perut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Sederet makanan ini lebih baik dikonsumsi jika direbus, dikutip dari Boldsky, Sabtu, 15 Mei 2021

1. Kentang

Kentang rebus adalah pilihan terbaik untuk meminimalkan kandungan lemak dan kalorinya dibandingkan dengan menggoreng. Ahli gizi menunjukkan bahwa makan kentang rebus merupakan salah satu cara terbaik untuk mengisi perut tanpa mengkhawatirkan penambahan berat badan.

2. Telur

Protein dari putih telur rebus sangat baik untuk kesehatan, karena membantu menjaga kestabilan gula darah Anda. Tambahkan sedikit merica atau lada untuk membuat telur lebih enak dan sehat.

3. Kacang-kacangan hijau

Kacang-kacangan hijau rebus memiliki 4,0 g serat, sebagian berserat larut. Serat larut dapat membantu menurunkan LDL atau yang disebut kolesterol jahat dan kadar kolesterol total. Ini juga dapat mendukung kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah dan mengurangi peradangan.

Baca juga: Makanan yang Bantu Otak untuk Konsentrasi dan Tingkatkan Memori

4. Kacang

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan kacang rebus dapat menurunkan kolesterol darah, menurunkan tekanan darah, dan membantu menjaga berat badan. Semua kebaikan itu bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Kacang-kacangan memiliki lemak jenuh yang rendah dan lemak trans serta tinggi serat larut.

5. Jagung

Jagung rebus mengandung vitamin B yang sehat, yang penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Jagung juga menyediakan mineral penting bagi tubuh kita seperti seng, magnesium, tembaga, besi, dan mangan.

6. Brokoli

Brokoli dan semua sayuran silangan lainnya bisa direbus sebelum dimakan untuk meningkatkan manfaatnya. Brokoli kaya akan banyak nutrisi, termasuk serat, vitamin C, vitamin K, zat besi, dan kalium.

Brokoli juga menawarkan lebih banyak protein daripada kebanyakan sayuran lainnya. Brokoli tidak perlu direbus terlalu lama, Anda juga bisa memasukkannya ke dalam sup.

7. Udang

Udang atau makanan laut lainnya paling bergizi saat direbus. Panas yang berlebihan menghancurkan mineral laut halus yang ada di makanan ini. Tambahkan udang rebus ke kari, sup atau salad untuk menikmati manfaatnya.

Jadi, sebaiknya konsumsi sederet makanan di atas dengan direbus agar optimal gizi yang diserap oleh tubuh.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."