Jujur dan Sedekah, Prinsip Hidup yang Diajarkan Maia Estianty kepada Anaknya

Maia Estianty. (Instagram/maiaestiantyreal)

keluarga

Jujur dan Sedekah, Prinsip Hidup yang Diajarkan Maia Estianty kepada Anaknya

Selasa, 11 Mei 2021 08:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Musisi dan pengusaha Maia Estianty mengungkapkan pentingnya jujur dan bersedekah dalam menjalani hidup. Ia mengaku dua prinsip itu membuatnya bertahan di masa-masa sulit, termasuk kesendiriannya usai bercerai dengan Ahmad Dhani pada 2008.

Ia pun mengajarkan dua prinsip hidup itu kepada ketiga anaknya, Al, El, Dul, karena telah merasakan manfaatnya.

"Jujur sama sedekah, aku bilang gini sama anak-anak, 'bunda bukan orang yang pinter-pinter banget, mungkin iya cerdas, tapi bukan yang jenius itu, enggak. Tapi paling tidak saat bunda sendiri kemarin tuh, bunda survive selalu ada rezeki karena sedekahnya banyak. Jadi, kamu tolong sedekahnya banyakin juga, ya'" tukas Maia di kanal YouTube Aish TV, Sabtu, 8 Mei 2021.

Maia menambahkan dengan banyak bersedekah, ia merasakan hidupnya dilimpahi banyak keselamatan dan keberkahan. Bicara soal jujur, Maia mengungkapkan prinsip hidup itu membuatnya terus berjuang dalam hidup.

Baca juga: Maia Estianty Cerita Acara Pernikahan Impian Anaknya: Sunyi Senyap

Maia juga mengungkapkan bahwa bukan hal yang mudah tak bisa bersama anak-anaknya selama tujuh tahun setelah bercerai. Ia sempat menjalani masa-masa sedih karena jauh dari ketiga jagoannya. Saat dilanda kesedihan, ia menguatkan diri dengan meyakini bahwa Allah memberikan ujian kepada orang-orang yang kuat.

"Dan aku berarti termasuk orang spesial. Karena orang-orang yang ujiannya berat ini, orang-orang spesial. Kenapa? karena mereka dianggap mampu sama Tuhan. Jadi akhirnya aku menghibur diri dengan, 'ya berarti aku orang kuat, aku kuat, aku harus kuat, gak boleh cengeng, ayo...ayo...'. Walaupun "teriris-iris" ya pisah dengan anak," tutur istri Irwan Mussry itu.

Berpegang dengan dua prinsip di atas dan meyakini ujian yang diberikan Alah sesuai kekuatan manusianya, Maia percaya bahwa anak-anaknya kembali ke pelukannya karena Allah yang menuntun mereka. 

"Nah itu ada momen khusus yang memang turning point-nya anak-anak kembali. Contohnya mulai dari Dul duluan, pada kasus kecelakaan Dul, itu turning point Dul akhirnya pindah ke rumahku," ungkap Maia.

Sementara Al kembali ke dirinya saat ia sulit menerima kenyataan bahwa ia memiliki adik dari pernikahan kedua Ahmad Dhani dengan Mulan Jameela. "Harus melewati sebuah peristiwa yang besar dulu, baru anak itu dikembalikan. Dengan anaknya sendiri yang pengen pulang, pengen kembali," ucapnya.

"Bukan kita yang maksa-maksa dengan drama, capek. Allah yang menuntun mereka," tutur perempuan 45 tahun itu.

Maia Estianty mengaku saat dilanda kesedihan jauh dari anak-anaknya, ia juga kerap menghibur diri dengan bepergian dan membuat lagu di studio. Kini, Maia bisa kembali mengasuh ketiga anaknya yang telah beranjak dewasa.

Baca juga: Ulang Tahun ke-45, Maia Estianty Dapat Kado Istimewa dari Ketiga Anaknya