Resep Es Kelapa Muda dengan Nanas ala Mayangsari, Pakai Susu dan Garam

Mayangsari, penyanyi. Instagram/@mayangsari_official

kuliner

Resep Es Kelapa Muda dengan Nanas ala Mayangsari, Pakai Susu dan Garam

Minggu, 9 Mei 2021 18:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi Mayangsari membagikan resep es kelapa muda dengan nanas. Ia mengungkapkan minuman es itu disukai karena bahan dan cara membuatnya simpel. Hal itu ia ungkapkan di vlog terbarunya di kanal YouTube Mayangsari Official, Ahad, 9 Mei 2021.

Bahan-bahan yang disiapkan Mayangsari adalah sirup merah, kelapa muda tanpa air, nata de coco, dan nanas. Saat membuat minuman es itu, Mayangsari meminta bantuan putrinya, Khirani Siti Hartina Trihatmodjo atau Khiran, untuk membantu memotong nanas.

"Khiran, kamu boleh bantuin mama, sayang. Potongin nanas, caranya begini. Jadi, perempuan harus pintar masak. Masa cuma potong begini doang, gak bisa," tukasnya sambil memberi contoh potongan nanas ke putrinya.

Sambil menunggu Khiran memotong nanas, Mayangsari mulai mencampur bahan yang telah disiapkan ke dalam mangkuk kristal ukuran besar. Ia mulai memasukkan kelapa muda tanpa air, diikuti nata de coco dan sirup. Ia menambahkan boleh mengganti sirup dengan gula, sesuai selera si pembuat.

"Kita tinggal kira-kira saja (sirupnya)," tutur istri Bambang Trihatmodjo itu.

Baca juga: Mayangsari Buka Puasa Bareng Keluarga di Rumah, Menunya Sushi dan Cucur

Mayangsari membagikan tips membuat es kelapa muda dengan nanas kepada putrinya, Khiran. Foto: Tangkapan layar YouTube Mayangsari Official

Ia lalu mengungkapkan tidak terlalu suka manis, jadi ia menggunakan secukupnya, sekitar 4 sendok makan. Mayangsari kemudian mengaduk hingga rata. Setelah itu, ia menambahkan susu ke dalam mangkuk sambil mengaduknya.

"Kemudian ini biasanya ada yang pakai susu kental manis, kalau saya lebih senang pakai susu cair seperti ini," jelasnya. "Air kelapanya kita ganti dengan susu," tambahnya.

Mayangsari lalu menambahkan sejumput garam ke dalam minuman es-nya. Khiran pun tampak terkejut dari raut wajahnya dan berucap, "Aahh. Mayangsari langsung merespons, "Yes, ini triknya mama masak."

Mayangsari menambahkan sejumput garam ke dalam es kelapa muda dengan nanas. Foto: tangkapan layar YouTube Mayangsari Official

Menurut Mayangsari, ia kerap menambahkan sejumput garam saat memasak atau menyiapkan hidangan manis. Begitu pula sebaliknya, ia menambahkan sedikit gula ke hidangan asin. Pertimbangannya agar cita rasa di hidangan itu seimbang seperti kehidupan, ungkapnya.

"Biar seperti hidup. Kalau manis-manis terus kayaknya flat banget. Kalau asin-asin terus juga flat banget," ucapnya.

Terakhir, ia memasukkan nanas dan es serut ke dalam minuman es itu. "Biar lebih ada rasa, biar lebih warna, ada manis, asem, asin. Biar lebih lengkap," pungkas Mayangsari.

Tertarik mencoba resep es kelapa muda dengan nanas ala Mayangsari?