5 Ciri-ciri Jatuh Cinta, Ketika Rasa Sakit Tak Lagi Relevan

Ciri-ciri jatuh cinta sering kali terdiri dari hal-hal kecil yang sehari-hari. (Pexels/Tan Danh)

cinta

5 Ciri-ciri Jatuh Cinta, Ketika Rasa Sakit Tak Lagi Relevan

Selasa, 27 April 2021 05:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Ketika kamu berpikir tentang jatuh cinta dengan keras dan cepat untuk seseorang, film akan membuat kita percaya bahwa beberapa gerakan romantis yang besar akan menjadi hal yang kita lakukan. Tetapi kenyataannya, ciri-ciri jatuh cinta sering kali terdiri dari hal-hal kecil yang sehari-hari.

Perhatikan penyesuaian yang kamu buat dalam kehidupan sehari-hari yang mungkin menjadi indikasi bahwa, dari semua teman kencan di masa lalu, si dia mungkin berbeda dan merupakan orang yang tepat untuk kita. Ilmuwan mengatakan otak manusia masuk ke keadaan tertentu saat baru saja jatuh cinta.

Ini berarti pemindaian otak yang menunjukkan bagian mana yang paling aktif terlihat sangat berbeda dari pemindaian saat kamu tidak sedang jatuh cinta atau saat kamu bersama pasangan jangka panjang. Berikut adalah ciri-ciri jatuh cinta yang bisa kamu alami dan rasakan saat menjalin hubungan dengan seseorang.

1. Kamu mencoba dan menikmati hobi si dia

Kamu membeli perlengkapan dan aksesori aneh yang terkait dengan aktivitas baru yang diperkenalkan pasangan Anda? Anda mungkin sedang jatuh cinta. Para ahli yang diwawancarai dalam artikel New York Times (2008), dikutip dari Brides, mengungkapkan orang-orang dalam hubungan romantis yang mencoba hobi baru bersama membantu menjaga percikan tetap hidup lama setelah fase bulan madu berakhir.

Baru adalah kata penting di sini. "Daripada mengunjungi tempat yang sama dan makan malam dengan teman lama yang sama, pasangan perlu menyesuaikan kencan malam mereka dengan aktivitas baru dan berbeda yang mereka sukai," kata Arthur Aron, seorang profesor psikologi sosial, dikutip dari Brides.

Baca juga: 8 Tips Kencan Perempuan Lajang Usia 30-an, Pastikan Tahu yang Kamu Inginkan

2. Kamu tanpa sadar terus menyanyikan lagu cinta

Jatuh cinta menyebabkan bahan kimia yang membuat kamu merasa nyaman, termasuk dopamin, adrenalin, dan norepinefrin. Ini semua membuat kamu bahagia dan tak lagi membutuhkan lagu sedih. Jadi bukan hal yang aneh jika kamu mendapati diri bersenandung, bahkan lagu yang tidak kamu sukai. Menurut Science Daily, "Jatuh cinta menyebabkan tubuh kita melepaskan banyak bahan kimia perasaan nyaman yang memicu reaksi fisik tertentu," kata Pat Mumby, Ph.D.

3. Kamu lebih memedulikan kebahagiaan dia

Saat kamu bisa mengutamakan perasaan mereka, itulah cara mengetahui bahwa itu cinta sejati. Cinta welas asih, sejenis cinta di mana kamu mampu berempati dengan si dia, adalah tanda hubungan jangka panjang yang sehat.

Menurut peneliti perkawinan di UC Berkeley, "Seseorang harus mengharapkan pasangan yang mencintai satu sama lain dengan penuh kasih untuk tinggal bersama lebih lama, lebih bahagia, dan mendukung satu sama lain lebih efektif daripada pasangan yang tidak saling mencintai dengan penuh kasih."

4. Rasa sakit tak lagi relevan

Penelitian telah menunjukkan bahwa bahkan melihat foto seseorang yang kamu cintai dapat mengurangi rasa sakit sedang hingga 40 persen, menurut studi Fakultas Kedokteran Universitas Stanford 2010, dikutip dari Brides.

"Ketika orang-orang berada dalam fase cinta yang penuh gairah dan menguras tenaga ini, ada perubahan signifikan dalam suasana hati mereka yang memengaruhi pengalaman rasa sakit mereka," kata Sean Mackey, M.D.

5. Kamu memedulikan pendapat teman dia dan yang mereka pikirkan tentangmu

Jika kamu menemukan bahwa kamu peduli dengan teman-temannya, menciptakan kesempatan untuk berkumpul sebagai sebuah, dan bertanya kepada si dia, itu tandanya kamu sedang jatuh cinta. 

"Dengan melakukan upaya untuk bersahabat dengan teman-teman significant other kamu, kamu menunjukkan kepada dia betapa kamu peduli kepada mereka," kata pakar etiket hubungan Mara Opperman.

Itu beberapa ciri-ciri jatuh cinta. Adakah salah satunya kamu rasakan? Jika iya, selanjutnya pastikan bahwa pasangan kamu adalah orang yang tepat. 

Baca juga: Gerak Tubuh Si Dia Bisa Jadi Ciri-ciri Jatuh Cinta Kepadamu

BRIDES