5 Langkah Mencari Pasangan Hidup, Jadi Diri Sendiri Terlebih Dulu

Fase pacaran bisa berbeda-beda untuk setiap orang. (Pexels/Helena Lopes)

cinta

5 Langkah Mencari Pasangan Hidup, Jadi Diri Sendiri Terlebih Dulu

Senin, 29 Maret 2021 23:58 WIB
Reporter : Antara Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Mencari pasangan hidup yang tepat bukanlah perkara mudah, sebab terdapat beberapa hal yang membuat seseorang sulit menemukan pasangan, mulai dari kendala waktu dan kesibukan kerja hingga faktor ketidakcocokan bagi mereka yang sudah menjalin hubungan.

Kendati demikian, Anda tidak perlu khawatir karena banyak cara untuk mendapatkan pasangan. Berikut lima langkah yang bisa dilakukan untuk menemukan jodoh dilansir dating.com pada Senin:

Jadi Sendiri

Sebelum memulai mencari pasangan, Anda sebaiknya mulai memahami dan menilai diri sendiri, mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan, sehingga dapat menumbuhkan rasa percaya diri.

Rasa percaya bisa menjadi pendorong yang membuat Anda bergerak untuk mencari pasangan hidup. Jika Anda sudah menilai diri Anda sebagai seseorang yang layak memiliki hubungan, maka tanpa diduga hati Anda akan terbuka dan pada akhirnya akan bertemu dengan pasangan hidup.

Tidak hanya itu, Anda Juga harus mempertimbangkan mengenai tujuan hidup seperti apa yang ingin diraih.

Baca juga: Pandemi Covid-19 Bukan Penghalang 3 Zodiak Ini Ketemu Jodoh

Kriteria tidak muluk-muluk

Setelah menemukan jati diri dan percaya diri, mulailah membuat kriteria pasangan yang diinginkan. Namun perlu diingat, mendapatkan pasangan yang sempurna tanpa kekurangan adalah hal mustahil.

Coba perhatikan kembali daftar kriteria tersebut. Jika terlalu muluk-muluk, sebaiknya pertimbangkan kembali kriteria mana saja yang seharusnya Anda pertahankan dan mana yang tidak.

Cari pasangan senyaman mungkin

Pasangan yang cocok adalah mereka yang bisa merasa nyaman saat saling bersama. Akan tetapi, cobalah untuk merasakan apakah rasa nyaman yang Anda dapatkan ketika bersamanya benar-benar sebuah cinta yang tulus atau hanya sekedar cinta buta.

Tanda kecocokan dengan pasangan dapat dilihat dari sama-sama memiliki emosi yang stabil dan dewasa, komunikasi yang baik dan memiliki tujuan yang sama.

Jika hanya karena dibutakan oleh cinta, sebaiknya berpikirlah masak-masak sebelum memutuskan menikah, sebab hubungan yang dilandasi cinta buta tidak bertahan lama.

Temui orang baru

Setelah mengenal diri dan menyusun impian, saatnya bertemu orang baru. Namun, apabila Anda takut menemui orang baru di dunia nyata, cobalah memulai dari aplikasi kencan, misalnya Dating.com.

Selama pandemi, Anda tentunya sulit berkenalan dengan orang baru karena sebagian besar aktivitas dijalankan dari rumah. Untuk itu, Anda bisa mencoba opsi berkenalan melalui aplikasi atau website.

Kelebihan berkenalan di internet adalah, Anda bisa mengidentifikasi sosok incaran tersebut tanpa harus bertemu secara langsung. Anda juga bisa mengetahui profesi hingga hobi incaran Anda melalui media sosial.

Baca juga: 6 Tips Agar Obrolan di Aplikasi Kencan Berlanjut ke Pertemuan Nyata

Pertemuan

Setelah bertemu secara virtual dan obrolan dengan dia sudah cocok, Anda bisa bertukar nomor telepon untuk memulai obrolan yang lebih spesifik, misalnya pekerjaan, keluarga, makanan kesukaan, genre film favorit dan lain-lain.

Ini adalah titik penting untuk membuktikan apakah dia merupakan pasangan hidup yang kamu cari atau tidak. Jika merasa saling tertarik dan terbuka, tidak ada salahnya membiarkan semuanya mengalir hingga ke pertemuan pertama.

Baca juga: 8 Tips Kencan Perempuan Lajang Usia 30-an, Pastikan Tahu yang Kamu Inginkan