5 Perempuan yang Cetak Sejarah Terbaru di Oscar

Chloe Zhao tiba di karpet merah saat mengahdiri acara Oscar di Union Station, in Los Angeles, 26 April 2021. Chris Pizzello/Pool via REUTERS

ragam

5 Perempuan yang Cetak Sejarah Terbaru di Oscar

Senin, 26 April 2021 19:41 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Acara penghargaan Oscar 2021, telah dilaksanakan pada tanggal 26 April 2021 waktu Indonesia. Acara offline yang dihadiri oleh para nominasi mencetak beberapa rekor sejarah. Perempuan berhasil memenangkan banyak kategori dalam penghargaan tahun ini. Dalam Oscar tahun ini, ada 70 aktris yang menjadi nominasi, dan ada 2 nominasi perempuan sebagai sutradara terbaik.

Pertama, Chloé Zhao menjadi perempuan Asia pertama yang memenangkan sutradara terbaik di Oscar 2021. Chloé Zhao mensutradarai film Nomadland. Selain itu, Chloé Zhao menjadi orang ketiga di Asia yang memenangkan kategori sutradara terbaik. Ang Lee wn memenangkan Brokeback Mountain di 2006 and Life of Pi di 2013, dan Bong Joon-ho memenangkan Parasite di 2020.

Kedua, Youn Yuh Jung menjadi perempuan Korea Selatan pertama yang memenangkan kategori artis pendukung terbaik di Oscar 2021. Dalam pidato kemenangannya, Youn Yuh-Jung mengucapkan terima kasih kepada kedua anak laki-lakinya yang mengijinkan dirinya untuk keluar dan bekerja. “Ini adalah hasilnya karena ibu bekerja sangat keras,” kata Youn Yuh Jung. Selain itu Youn Yuh Jung juga kerap tidak menyangka dan bahagia menjadi nominasi. Namun dirinya merasa stres. "Ini tidak seperti saya mewakili negara dengan pergi ke Olimpiade, tetapi saya merasa seperti saya bersaing untuk negara saya. Itu membuat stres," kata Youn Yuh Jung.

Ketiga, Mia Neal dan Jamika Wilson menjadi salah satu perempuan Afro-Amerika pertama yang meraih Piala Oscar lewat kategori kostum dan tata rias dan penata rambut terbaik. Mereka merupakan penata rambut pribadi untuk Viola Davis.

Keempat, Emerald Fennell menjadi perempuan pertama dalam 13 tahun memenangkan kategori penulis naskah asli terbaik. 'Promising Young Woman' merupakan film perdana dan berhasil membawa pulang piala Oscar serta mencetak sejarah baru.

Kelima, Viola Davis menjadi perempuan pertama berkulit hitam yang dengan nominasi terbanyak, ada 4 nominasi Viola Davis. Melalui film Ma Rainey's Black Bottom, Viola Davis menjadi nominasi Aktris terbaik, design kostum terbaik, design produksi terbaik, dan rias muka dan penanta rambut terbaik. Dari keempat nominasi ini, Ma Rainey's Black Bottom berhasil meraih 2 piala Oscar untuk kategori desain kostum dan rias wajah dan penata rambut terbaik.

Baca: Setiap Goody Bag Oscar 2021 Bernilai Rp 2,9 Miliar, Ada Kupon Sedot Lemak Gratis

NATHASYA ESTRELLA