KRI Nanggala-402, Susi Pudjiastuti Kenang Kerja Bareng Kolonel Harry Setyawan

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, membagikan foto-foto kenangannya saat bekerja bersama Kolonel Laut Harry Setiawan yang gugur dalam peristiwa tenggelamnya kapal KRI Nanggala - 402 di Perairan Utara Bali. Instagram/@susipudjiastuti115

ragam

KRI Nanggala-402, Susi Pudjiastuti Kenang Kerja Bareng Kolonel Harry Setyawan

Senin, 26 April 2021 09:25 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019 mengungkapkan duka mendalam atas musibah tenggelamnya kapal KRI Nanggala-402 di perairan Utara Bali.

"Duka yang mendalam atas gugurnya 53 Putera-putera Bangsa Terbaik/Prajurit TNI AL KRI Nanggala 402. Semoga husnul khotimah & mendapat tempat terbaik di sisi-Nya dan keluarga yg ditinggalkan diberi kekuatan & ketabahan," tulisnya di keterangan Instagram, Ahad, 25 April 2021.

Susi Pudjiastuti juga mengenang sosok Kolonel Laut Harry Setiawan yang gugur dalam peristiwa itu. Ia menyebutkan Kolonel Harry memiliki peran dalam mendukung kinerjanya semasa menjadi menteri.

“Teruntuk Kolonel Laut (P) Harry Setiawan, S.E. dan keluarga, penghormatan dan terima kasih luar biasa dari saya pribadi atas semua dukungan dan kerja sama selama saya menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan 2014-2019,” tuturnya.

Selain menguntai pesan, Susi juga mengunggah tujuh foto, di antaranya beberapa foto kenangannya bersama Harry. Foto pertama yang dibagikannya adalah kapal selam KRI Nanggala-402 berada di tengah laut beserta awak kapal yang siap bertugas.

Di foto selanjutnya, Susi bersama Harry dan prajurit TNI AL lainnya kompak berbusana serba hitam. Kemudian di foto ketiga dan keempat tampak Susi dan Harry berada di suatu acara formal. Di unggahan tiga foto terakhir memperlihatkan Susi dan Harry berada di pantai saat sedang bertugas dan bermain kano.

Kapal selam KRI Nanggala-402 akhirnya ditemukan di kedalaman 838 meter di Perairan Utara Bali setelah hilang kontak sejak Rabu, 21 April 2021. Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono mengatakan KRI ditemukan dalam kondisi terbelah.

"Ini terdapat bagian dari KRI (Nanggala). Di sana KRI terbelah menjadi tiga bagian," kata Yudo dalam konferensi pers daring, Ahad, 25 April 2021.

Kami berdoa seluruh awak KRI Nanggala-402 mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan dan seluruh keluarga diberi ketabahan dan kekuatan.

Baca juga: Kapal Selam KRI Nanggala-402 Tenggelam, Ashanty dan 3 Seleb Ungkap Duka Mendalam

SILVY RIANA PUTRI | EGI ADYATAMA