Sri Mulyani Cerita Awal Jumpa Susi Pudjiastuti, Dibujuk Pulang ke Indonesia

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Sri Mulyani dan Susi Pudjiastuti saat bertemu di Tilden, Washington DC, Amerika Serikat, Maret 2016. Instagram/@smindrawati.

Sri Mulyani dan Susi Pudjiastuti saat bertemu di Tilden, Washington DC, Amerika Serikat, Maret 2016. Instagram/@smindrawati.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengenang pertemuan awalnya dengan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Pertemuan tersebut berlangsung di Tilden, Washington DC, Amerika Serikat pada awal musim semi, Maret 2016. Susi membujuknya pulang ke Indonesia untuk menjadi Menteri Keuangan.

Sri Mulyani kala itu masih menjabat menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia. "Malam itu Bu Susi mengajak aku pulang kembali, Indonesia menunggumu untuk mengabdi. Aaaah what a wonderful memories," tulis Sri Mulyani di akun Instagram pribadinya pada Minggu, 24 Maret 2024. 

Dalam unggahannya, Sri Mulyani menunjukkan foto dia dengan Susi Pudjiastuti di depan Lukisan karya Affandi. Keduanya sedang dijamu makan malam oleh mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, Budi Bowoleksono. Hadir juga rombongan wartawan senior Indonesia. 

Sri Mulyani mengatakan, pada pertemuan tersebut Susi Pudjiastuti heboh bercerita tentang pekerjaan menjadi menteri di Tanah Air. Salah satunya tentang kebijakan Susi Pudjiastuti dalam menenggelamkan kapal ikan yang mencuri di perairan Indonesia. 

Susi Pudjiastuti mengaku heran melihat cara belanja birokrasi. Sri Mulyani pun setuju banyak yang harus dibenahi soal tata kelola di pemerintahan. Sri Mulyani mengaku rindu mendengar celotehan Susi. "Salam hangat kapan ketemu lagi. Bu Susi continue 'Just the way you are' just like the song," tutur Sri Mulyani. 

Merespons unggahan Sri Mulyani, Susi Pudjiastuti mengaku sangat senang pada saat pertemuan pertamanya dengan bendahara negara tersebut. "Terima kasih Ibu for remembering," tulis Susi di kolom komentar. 

Susi Pudjiastuti bercerita, dirinya saat itu banyak mencurahkan keheranan kepada Sri Mulyani soal anggaran. Musababnya, ia merasa terbiasa menjadi pengusaha gurem dengan uang pas-pasan. Sedangkan setelah masuk ke kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo periode pertama, dia melihat anggaran yang besar tersedia tetapi boros. "Makanya saya bujukin Ibu untuk pulang," tutur perempuan asal Pangandaran, Jawa Barat itu.

Pilihan Editor: Salat Magrib di Istana Negara, Sri Mulyani: Aku dan Bestie Retno Marsudi Satu Sajadah Berdua

RIANI SANUSI PUTRI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."