7 Cara untuk Menjaga Kesehatan Mata

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi mata wanita. Unsplash.com/Alexandra Gorn

Ilustrasi mata wanita. Unsplash.com/Alexandra Gorn

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jangan abaikan kesehatan mata. Jika tidak merawatnya dengan benar bisa saja muncul berbagai masalah mata seperti glaukoma, katarak dan lainnya. Disarankan kita melakukan pemeriksaan mata setiap 6 bulan sekali untuk memastikan kesehatannyaa.

Selain itu, gaya hidup sehat dan kebiasaan sehari-hari juga turut memaksimalkan kesehatan mata. Apa saja itu? Yuk, kita simak

1. Pola makan sehat

Pastikan Anda menjalani pola makan sehat setiap hari. Sertakan protein, sayuran, antioksidan, buah-buahan dalam makanan Anda. Ikan berlemak seperti salmon yang mengandung omega-3 baik untuk meningkatkan kesehatan mata Anda.

2. Jangan mengucek mata saat gatal

Beberapa di antara kita kerap mengucek mata untuk menghilangkan rasa gatal sementara. Tapi itu sebenarnya merusak mata kita karena sangat sensitif dan memperburuk infeksi. Jadi, Anda cukup mengoleskan kain lembap dan bersih pada mata selama beberapa waktu. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter mata untuk mendapatkan penanganan gatal yang tak kunjung henti.

3. Cuci tangan sebelum pakai atau mengeluarkan lensa kontak

Jika Anda memakai lensa kontak, selalu didahului dengan cuci tangan Anda sebelum memakai lensa atau mengeluarkannya karena mungkin ada bakteri di telapak tangan yang dapat menyebabkan masalah serius pada mata Anda.

Baca juga: 12 Cara Hindari Risiko Gangguan Kesehatan Mata

4. Olahraga teratur

Olahraga teratur mengeluarkan racun dari mata dan menjaganya tetap sehat. Ini juga mengurangi risiko masalah mata yang umum.

5. Lindungi mata dari paparan sinar matahari langsung

Saat Anda pergi keluar, kenakan selalu kacamata hitam untuk melindungi mata dari sinar UV yang berbahaya. Tetapi Anda harus memiliki kacamata hitam berkualitas baik dari toko optik yang tepat.

6. Tetap terhidrasi

Minumlah lebih banyak air untuk menjaga mata Anda tetap terhidrasi dan mengurangi risiko penyakit mata.

7. Batasi eksposur ke layar

Batasi eksposur mata Anda ke layar. Terus-menerus duduk di depan komputer, ponsel, laptop, dan tablet bisa membuat mata Anda kering. Jadi, selalu duduk menjaga jarak antara Anda dan layar.

PINK VILLA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."