Ayu Maulida Bakal Kenakan Kostum Komodo di Miss Universe 2020, Simak Detailnya

Ayu Maulida mengenakan kostum nasional bertema komodo untuk ajang Miss Universe 2020. Instagram/@ayumaulida97

mode

Ayu Maulida Bakal Kenakan Kostum Komodo di Miss Universe 2020, Simak Detailnya

Jumat, 23 April 2021 13:29 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Puteri Indonesia Raden Roro Ayu Maulida atau Ayu Maulida akan mengikuti kontes kecantikan Miss Universe 2020 yang sempat tertunda karena pandemi Covid-19. Ajang Miss Universe 2020 bakal diselenggarakan di Florida, Amerika Serikat.

Ayu Maulida dan 72 finalis lain dari berbagai negara akan menjalani masa karantina sejak 6 Mei 2021 dan malam final diselenggarakan pada 16 Mei 2021. Di kontes kecantikan ke-69 ini, Ayu Maulida akan tampil dalam balutan busana karya desainer Indonesia. Salah satunya kostum nasional bertema Komodo. Seperti kita ketahui bersama, komodo merupakan satwa langka yang hanya ada di Indonesia dan sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

Mengutip akun Instagram Puteri Indonesia, kostum nasional komodo merupakan hasil kolaborasi antara perancang busana Diana M Putri dari Diana Couture & desainer aksesori Yuling Hoo dan Silvy Prajogo dari Le Ciel Design.

Dijelaskan pula bahwa Diana Putri dari Diana Couture memakai dasar gaun sequin tiga dimensi warna hitam dan emas untuk menciptakan efek mewah, penuh teka-teki, dan liar yang menyerupai Komodo. Potongan tiga dimensi di bagian dada dan ekor yang dramatis dibuat dengan pemotongan las kulit dan diwarnai dengan metode khusus agar menyerupai kulit kadal terberat di bumi ini.

Sementara, Yuling Hoo dan Silvy Prajogo dari Le Ciel Design memilih tiga jenis logam berbeda yang dileburkan menjadi satu, sehingga menghasilkan lebih dari 5000 keping dengan berat sekitar 20 kilogram. Warna logam yang dihasilkan terdiri dari rustic gold, copper/bronze, dan black gold untuk menciptakan efek ombré pada gaun tersebut.

Semua proses kepingan logam pada gaun model high slit itu dijahit dengan tangan. Di bagian kalung dan sarung tangan terdapat lampu merah yang menyala dibuat dengan pengontrol LED. Selain proses penjahitan yang cukup rumit pada gaun, pembuatan aksesori kepala yang menyerupai kepala komodo juga kompleks karena menggunakan sistem robotik yang menggabungkan motor, sensorik, dan mikrokontroler.

Selain kostum nasional Komodo, Ayu Maulida akan mengenakan gaun Black Orchid Flower karya Sebastian Gunawan, gaun malam tema Ijen karya Diana Putri, hingga kebaya merah Nareswari karya Anne Avantie.

Baca juga: Rahasia Sukses Ayu Maulida Meraih Mahkota Puteri Indonesia 2020