Resep Sehat untuk Menu Buka Puasa: Salad Ubi Jalar & Kembang Kol

Ilustrasi makanan sehat. (Canva)

kuliner

Resep Sehat untuk Menu Buka Puasa: Salad Ubi Jalar & Kembang Kol

Jumat, 23 April 2021 00:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada banyak resep makanan sehat yang bisa Anda coba untuk menu buka puasa di bulan Ramadan. Salah satunya adalah salad ubi jalar dan kembang kol.

Ubi jalar adalah sayuran akar manis bertepung yang kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, dan serat. Kandungan antioksidan dalam ubi jalar bisa melindungi tubuh Anda dari radikal bebas.

Ubi jalar juga mengandung dua jenis serat, yakni larut dan tidak larut, yang bermanfaat untuk kesehatan usus. Tubuh Anda tidak dapat mencerna kedua jenis itu. Oleh karena itu, serat tetap berada di dalam saluran pencernaan Anda dan memberikan berbagai manfaat kesehatan yang berhubungan dengan usus.

Sementara itu, kembang kol yang juga digunakan dalam resep ini merupakan sayuran yang sangat sehat dan merupakan sumber nutrisi yang signifikan.

Sayur ini juga mengandung senyawa tanaman unik yang dapat mengurangi risiko beberapa penyakit, termasuk penyakit jantung dan kanker. Selain itu, kembang kol juga ramah untuk penurunan berat badan dan sangat mudah ditambahkan ke diet Anda.

Nah, Anda ingin tahu cara membuat salad ubi jalar dan kembang kol ini? Baca terus untuk mengetahui resep dan cara membuatnya. 

Resep Salad Ubi Jalar & Kembang Kol

Bahan:

1 1/2 pon ubi jalar kecil, potong memanjang menjadi 1/2 inchi irisan

1 kembang kol kepala kecil, potong kuntumnya

7 sdm minyak zaitun extra-virgin

3 sdm cuka 

8 helai selada

2/3 mangkok biji buah delima

Garam

Lada hitam 

Cara membuat:

Aduk ubi jalar, kembang kol, 3 sendok makan minyak zaitun, garam, dan merica di atas loyang yang sudah diberi pinggiran. Panggang pada suhu 425 derajat F, aduk sesekali, sampai berwarna keemasan, 25 hingga 30 menit; sisihkan agar uap panasnya hilang.

Kocok sisa minyak zaitun, cuka, garam dan merica dalam mangkuk. Tambahkan selada, biji delima, dan sayuran panggang. Lumuri di atas adukan salad. Sajikan segera.

Nah, itu tadi salah satu resep makanan sehat dan bergizi untuk menu buka puasa yang bisa Anda coba. 

Baca juga: Menu Buka Puasa: Jus Seledri, Bisa Menghidrasi Tubuh dengan Baik

COUNTRY LIVING | HEALHTLINE