Manfaat Ubi Jalar untuk Tubuh, Menyehatkan Mata dan Jantung

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ubi jalar berbumbu. shutterstock.com

Ilustrasi ubi jalar berbumbu. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Manfaat ubi jalar baik untuk menyehatkan mata karena kaya akan vitamin A dan berpotensi kurangi risiko diabetes berkat indek glikemis yang rendah. Menurut Christie Ferriell, pakar diet dan koordinator pendidikan nutrisi di Reid Hospital, olahan ubi jalar dengan kulit jeruk adalah cara terbaik untuk menikmati rasa alaminya tanpa tambahan kalori dari tambahan gula. 

Berikut manfaat ubi jalar untuk kesehatan tubuh melansir laman Reid Health

1. Kaya serat

Setengah cangkir ubi jalar yang dimasak dengan kulit mengandung lebih dari tiga gram serat. Studi dari jurnal Metabolism mengungkap, asupan serat yang tinggi mengurangi risiko diabetes tipe 2, kanker usus, penyakit jantung, kolesterol tinggi dan gula darah tinggi. Selain itu dapat membantu meningkatkan suasana hati dan memori.

Sementara itu, dalam ulasan yang dipublikasikan dalam Nutrition Reviews menyebut, orang dewasa dan anak-anak membutuhkan 14 gram serat untuk setiap 1.000 kalori yang mereka konsumsi.

2. Menyehatkan jantung

Menurut American Heart Association, konsumsi ubi jalar yang kaya potasium atau kalium membantu meningkatkan kesehatan jantung. Asupan kalium yang lebih tinggi memungkinkan Anda mengeluarkan lebih banyak natrium, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung. 

Ubi jalar mengandung sekitar 475 miligram kalium per ½ gelas porsi yang dimasak. Studi Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) dan Institute of Medicine menunjukkan bahwa orang dewasa mengonsumsi 4.700 miligram kalium setiap hari.

3. Menyehatkan mata, gigi, dan kulit

Kandungan vitamin A yang tinggi adalah salah satu dari banyak manfaat ubi jalar. Vitamin A sangat penting untuk kesehatan gigi, jaringan, dan penglihatan selaput lendir kulit. 

Sebagai catatan, kekurangan vitamin A meningkatkan risiko masalah penglihatan. Satu ubi jalar besar menyediakan sekitar 1.730 mikrogram vitamin A. Konsumsi vitamin A yang direkomendasikan adalah 700 mikrogram per hari untuk wanita dan 900 mikrogram per hari untuk pria.

4. Cegah diabetes

Ubi jalar memiliki indeks glikemik atau GI yang rendah. Sementara biji-bijian olahan seperti roti putih dan nasi putih membuat gula darah Anda meningkat dengan cepat, makanan rendah GI seperti ubi jalar menyebabkan lonjakan gula darah lebih rendah. 

Oleh karena itu, menurut American Diabetes Association, ubi jalar bermanfaat bagi penderita diabetes yang ingin menyempurnakan kontrol gula darah. 

EKA WAHYU PRAMITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."