Menu Buka Puasa: Jus Seledri, Bisa Menghidrasi Tubuh dengan Baik

Ilustrasi jus seledri dan sayuran (pixabay.com)

kuliner

Menu Buka Puasa: Jus Seledri, Bisa Menghidrasi Tubuh dengan Baik

Minggu, 18 April 2021 20:56 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat menjalani puasa di Bulan Ramadan, tubuh bisa mengalami dehidrasi. Agar tubuh bisa mendapatkan hidrasi yang baik, Anda bisa menambahkan jus seledri saat sahur ataupun untuk menu buka puasa sehari-hari. 

Penasaran dengan manfaat jus seledri dan cara membuatnya? Baca artikel ini hingga selesai untuk mendapatkan informasi terkait jus seledri.

Manfaat kesehatan dari jus seledri

Jus seledri dapat memberikan beberapa manfaat apabila dikonsumsi sebagai bagian dari diet sehat. Jus seledri mengandung antioksidan yang dapat membantu menurunkan peradangan di tubuh Anda. Selain itu, sangat menghidrasi dan rendah gula, menjadikannya alternatif yang bagus untuk minuman manis.

Berikut deretan manfaat kesehatan jus seledri.

  • Hidrasi tinggi

Jus seledri sebagian besar terdiri dari air dan dapat membantu Anda tetap terhidrasi.

Tetap terhidrasi sangat penting bagi tubuh Anda, tetapi banyak orang tidak mendapatkan cukup cairan setiap hari. Hidrasi yang tepat membantu mengelola tekanan darah, suhu tubuh, fungsi otak, pengiriman nutrisi, ekskresi limbah, dan kesehatan ginjal.

  • Rendah gula

Jus seledri adalah pilihan yang lebih sehat daripada minuman manis. Satu cangkir (240 mL) hanya menyediakan 5 gram gula, yang terbentuk secara alami.

Memilih minuman rendah gula seperti jus seledri dapat secara dramatis mengurangi asupan gula dan kalori Anda secara keseluruhan.

  • Bersifat anti-inflamasi

Jus seledri kaya akan berbagai senyawa tanaman yang disebut fitonutrien, yang dapat mengurangi peradangan.

Senyawa ini bertindak sebagai antioksidan yang membantu menurunkan stres oksidatif. Stres oksidatif terjadi ketika molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas menumpuk di tubuh Anda.

Diet kaya antioksidan dikaitkan dengan tingkat penyakit kronis yang lebih rendah, termasuk penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan kanker tertentu. Mereka juga dapat meningkatkan kesehatan kulit.

Cara membuat jus seledri

Jika Anda ingin menambahkan jus seledri ke dalam menu makanan, Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Menggunakan juicer adalah cara termudah untuk membuat jus seledri. Cukup cuci 3–4 batang seledri dan masukkan ke dalam juicer.

Jika Anda tidak memiliki juicer, potong 3–4 batang seledri yang telah dicuci dan haluskan hingga halus. Letakkan saringan atau kain kasa di atas kendi berbingkai lebar, tuangkan cairan ke dalam saringan, dan tekan untuk mengeluarkan semua sari buah.

Untuk sedikit rasa dan rasa, coba tambahkan apel hijau, jahe segar, atau jus lemon ke minuman Anda. Jus ini sebaiknya diminum bersama dengan makanan yang penuh serat, lemak sehat, dan protein untuk menjaga tubuh Anda tetap kenyang dan kenyang. 

Nah, sekarang sudah tahu kan manfaat dan cara membuat jus seledri. Mulailah jadikan minuman sehat ini sebagai salah satu menu buka puasa atau sahur Anda.

Baca juga: Menu Buka Puasa, Coba 3 Resep Es Buah Segar yang Mudah Dibuatnya

HEALHTLINE