7 Cara Merawat Rambut Saat Tak Bisa ke Salon di Masa Pandemi

Cara merawat rambut agar tetap sehat dan berkilau bisa dilakukan dengan hal sederhana di rumah. (Pexels/Markus Spiske)

kecantikan

7 Cara Merawat Rambut Saat Tak Bisa ke Salon di Masa Pandemi

Senin, 22 Maret 2021 23:19 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Di masa pandemi, tak banyak salon dibuka. Sejumlah perawatan yang biasa tersedia di salon pun tak bisa kita nikmati. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara merawat rambut agar tetap sehat dan berkilau yang bisa dilakukan di rumah.

1. Rambut kering dengan handuk microfiber

Salah satu cara menjaga keremajaan rambut adalah dengan cara mengeringkannya. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan handuk microfiber. Bahan ini menyerap lebih dari lima kali air dibandingkan handuk tradisional, sehingga memungkinkan pengeringan lebih cepat dan gesekan lebih sedikit yang dapat melemahkan rambut.

2. Hindari gaya rambut ketat atau yang melibatkan penggunaan terlalu banyak produk

Kesalahan sederhana yang mempercepat penuaan rambut Anda adalah ikatan rambut yang kencang atau menggunakan banyak gel, wax, mousse. Tindakan ini membebani rambut dan dapat merusak folikel. Pilihlah gaya rambut yang lebih longgar. Jika Anda akan menggunakan produk gaya, izinkan maksimal dua per sesi gaya.

Adam Reed, Duta Editorial Inggris untuk L'Oréal Professionnel mengatakan kepada Glamour, “Saya selalu merekomendasikan sampo ganda, benar-benar berfokus pada akar dan menggerakkan jari Anda ke kulit kepala setidaknya selama satu menit.” Dia juga menambahkan, "sangat penting untuk menggunakan sampo yang tepat untuk jenis rambut Anda, misalnya jika Anda memiliki rambut halus, jangan gunakan sampo yang sangat berat dan bergizi ekstra."

3. Tidur dengan masker rambut

Masker yang dibiarkan semalaman dengan topi mandi dapat mengubah rambut Anda. Mereka dirancang untuk diterapkan pada rambut kering sebelum tidur, dan bekerja keras saat Anda istirahat. Pilih salah satu dengan formula yang mengutamakan perbaikan rambut.

Baca juga: 5 Tahap Menggunakan Minyak Zaitun untuk Rambut

4. Sertakan vitamin yang tepat dalam makanan Anda

Kesehatan rambut Anda tidak hanya bergantung pada perawatan topikal, tetapi juga apa yang Anda konsumsi. Pastikan Anda telah memasukkan diet seimbang dari daun hijau, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, buah-buahan, biji-bijian, dan bahkan produk susu dan satu set makanan kaya vitamin dan protein. Mengonsumsi bayam, salmon, alpukat, blueberry, dan keju 9bisa jadi cara merawat rambut. 

5. Jangan lupa untuk menyertakan suplemen kolagen

Penata rambut selebritas Jason Collier mengatakan kepada Glamour, kolagen bisa menjadi rahasia rambut sehat. Kolagen adalah bahan kunci rahasia untuk mencegah rambut menipis dan menua. Protein ini memberikan kekuatan, fleksibilitas, ketebalan, dan perlindungan, serta telah terbukti dapat menunda uban!

Baca juga: 10 Cara Merawat Rambut Kering dengan Mudah, Mulai dari Makanan Sehat

6. Trim rambut Anda

Para ahli merekomendasikan pemangkasan setiap dua hingga empat bulan tergantung pada panjang rambut Anda untuk menjaga kesehatannya secara keseluruhan. Mengabaikan pemotongan rambut biasa sebenarnya akan menghambat retensi rambut karena ujung rambut bercabang akan terus terbelah di sepanjang batang rambut, membuat rambut menua lebih cepat.

7. Eksfoliasi kulit kepala Anda

Pengelupasan rambut dan kulit kepala sering kali dilupakan. Menyikat bisa menjadi cara, asalkan dilakukan dengan lembut dan tidak sering. Anda juga bisa menggunakan scrub dan alat pijat lembut pada kulit kepala untuk meningkatkan sirkulasi pada folikel rambut untuk mengembalikan panjang dan kilau rambut Anda.

Baca juga: 8 Cara Merawat Rambut Secara Alami Agar Tumbuh Subur

GLAMOUR