Pakar Jelaskan Penggunaan Minyak Kelapa yang Tepat

Minyak kelapa murni

kecantikan

Pakar Jelaskan Penggunaan Minyak Kelapa yang Tepat

Selasa, 26 Februari 2019 13:28 WIB
Reporter : Antara Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Minyak kelapa dapat sering dioleskan pada kulit karena dianggap bisa melembabkan dan mengatasi jerawat, padahal hasilnya belum pasti. Para ahli kesehatan, seperti dilansir Medical Daily, menyarankan untuk berhati-hati karena belum ada bukti kuat yang mendukung klaim itu. Bahkan, orang yang memiliki jenis kulit berminyak sebaiknya tak menggunakan minyak kelapa di wajah.

Efek hidrasi dari minyak kelapa bisa menahan kelembaban di bawah kulit, yang berarti pori-pori tersumbat. Kelebihan minyak adalah salah satu kontributor utama jerawat, jadi ini hanya memperburuk masalah.

Artikel terkait:Lengkapi Minum Kopi dengan Minyak Kelapa, Manfaatnya Lebih Jos

"Jika menggunakan minyak kelapa, atau minyak apa pun pada kulit yang rentan berjerawat, Anda berada di atas sungai tanpa dayung. Tidak seorang pun yang berjerawat harus memakai minyak di kulit," kata Neal Schultz, pendiri Beauty Rx.

Sebaliknya, cobalah pelembab dan losion bebas minyak jika Anda memiliki kulit berminyak atau kombinasi, terutama jika cuaca sedang panas. Lalu, bagaimana dengan penggunaan minyak kelapa sebagai penghapus makeup alami? Mungkin memang berhasil untuk beberapa individu selama dibilas secara menyeluruh. Tetapi para ahli mengatakan ada alternatif yang lebih baik.

"Saya hanya akan menggunakannya di sekitar mata karena tidak ada kelenjar minyak dan beralih ke minyak yang lebih baik untuk menghilangkan makeup di wajah, seperti minyak argan dan minyak bunga saff," ujar Nicolas Travis, pendiri merek perawatan kulit Allies of Skin.

Baca juga:Minyak Kelapa, Penyelamat atau Petaka Buat Kulit?

Meski demikian, jika ingin menggunakan minyak kelapa, pastikan hanya untuk kuku dan tubuh, tapi jauhkan dari pori-pori wajah. Namun, hal ini akan berbeda untuk pemilik kulit kering karena mereka bisa mendapatkan manfaat dari minyak untuk memerangkap kelembaban.

Bagaimana dengan mengggunakan minyak kelapa sebagai obat untuk mengatasi sengatan matahari? Jawabannya sangat tergantung pada waktu. Awalnya, cukup gunakan handuk dingin dan lembab di area yang terkena sengatan selama 10 hingga 15 menit setiap hari. Menurut Women's Health Mag, minyak kelapa dapat digunakan setelah luka bakar sudah membaik, biasanya setelah sekitar dua hari. Pastikan untuk tidak mengoleskanya terlalu banyak karena dapat menghambat kemampuan tubuh untuk melepaskan panas.