Mencari Kedamaian Batin, Sherina Munaf Ingatkan Jaga Kesehatan Mental Sendiri

Sherina Munaf, penyanyi dan aktris. Instagram/@sherinasinna

profil

Mencari Kedamaian Batin, Sherina Munaf Ingatkan Jaga Kesehatan Mental Sendiri

Selasa, 20 April 2021 13:44 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Pandemi Covid-19 sudah satu tahun berlalu, penyanyi Sherina Munaf mengungkapkan bahwa dirinya dengan suami, Baskara Mahendra, sedang mencari kedamaian batin. Dengan situasi yang penuh dengan ketidakpastian ini, Sherina Munaf dan Baskara Mahendra memilih untuk mulai beradaptasi dengan kondisi pandemi yang sudah merugikan banyak orang.

"Suami saya & saya saat ini sedang dalam perjalanan menemukan kedamaian batin kami di tengah ketidakpastian, tekanan yang dipaksakan sendiri untuk menjadi kreatif & beradaptasi dengan keadaan yang sangat tidak biasa ini, sementara itu terus-menerus menganalisis apa yang aman & apa yang tidak," tulis Sherina dalam bahasa Inggris pada Senin 19 April 2021 di Instagramnya.

Pandemi ini membuat orang menderita dengan cara-cara yang tak terduga. Tidak sedikit orang yang merasakan kehilangan, sedangkan hidup harus terus berjalan. "Setiap orang menderita dengan cara yang berbeda, secara langsung dan tidak langsung. Ada yang kehilangan angga Hidup adalah hilang, orang kehilangan pekerjaan, harapan berkurang, daftarnya terus berlanjut," ungkap Sherina Munaf dalam kanal instagram pribadinya.

Sherina Munaf dan Baskara Mahendra bersyukur bisa melakukan segala kegiatan di apartemen mereka. Di saat yang lain terpaksa keluar rumah ketika harus bekerja atau melakukan aktivitasnya. "Kami bersyukur memiliki hak istimewa ini, itulah sebabnya kami memutuskan bahwa kami melakukan bagian kami dengan tinggal / bekerja dari apartemen kami 90 persen dari waktu, ketika orang lain tidak mampu melakukannya." jelasnya.

Media sosial, bagi Sherina, saat ini menjadi salah satu sumber utama kecemasan seseorang. Mental seseorang dapat terganggu melalui simpang siurnya informasi pandemi yang beredar. "Media sosial, biasanya merupakan alat bermanfaat yang memungkinkan kita terhubung dengan orang lain ketika kita tidak dapat sepenuhnya melakukannya karena jarak fisik, menjadi sumber utama kecemasan kita. Secara mental kami tidak bisa terus-menerus membaca berita dan kecewa dengan cara penanganan pandemi oleh orang-orang yang bertanggung jawab. Atau terus-menerus kecewa dengan orang yang menangani pandemi ini dengan cara yang kami yakini menyesatkan, mengurangi urgensinya, atau menyebarkan informasi yang salah," ungkap Sherina Munaf.

Sherina Munaf dan Baskara Mahendra sama seperti insan manusia lainnya, yang merindukan keluarganya hingga bekerja seperti dahulu. Mereka pun rindu untuk keluar demi bekerja, menciptakan karya seni, berkolaborasi dengan orang lain, berada dalam produksi film, merayakan pencapaian kami, pernikahan, pertemuan dengan teman & keluarga. "Namun kebanyakan hal sekarang berada di luar kendali kita," jelas Sherina Munaf.

Sherina Munaf pun mengingatkan untuk tetap menjaga kesehatan mental masing-masing. Serta mengatakan bahwa sangat tidak apa-apa jika kamu tidak bisa beradaptasi dengan situasi kondisi ini, karena manusia merupakan mahluk sosial dan situasi kondisi akan berubah sewaktu-waktu. "Terima kasih telah melindungi diri sendiri & orang lain dari COVID-19 tetapi harap ingat untuk menjaga kesehatan mental Anda dengan baik juga." kata Sherina Munaf yang memamerkan dirinya berfoto dengan latar padang rumput hijau langit biru dan gunung itu.

NATHASYA ESTRELLA