Zaskia Sungkar Ajak Para Ibu Semangat Menyusui saat Bulan Ramadan

Zaskia Sungkar dan Ukkasya Muhammad Syahki (Instagram/@zaskiasungkar15)

keluarga

Zaskia Sungkar Ajak Para Ibu Semangat Menyusui saat Bulan Ramadan

Kamis, 15 April 2021 06:24 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris Zaskia Sungkar mengingatkan bahwa puasa bukan suatu hal yang diwajibkan untuk ibu menyusui, jika ingin berpuasa perhatikan nutrisi dan ASI sang ibu. "Nah yaa itu yang aku rasakan karena kan itu hak nya anak kan, apalagi kalau kita misalnya lagi nyusuin yaa haus melulu, ya tetapikan boleh kalau ada yang bisa ngatur antara nutrisi dengan tetap bisa memberikan ASI yaaa silahkan saja gitu kan." kata Zaskia Sungkar dalam Live Instagram bersama Dr Tiwi pada 14 April 2021.

Selama hamil hingga menyusui Zaskia Sungkar tidak ada patokan ada pilihan makanan yang khusus. Zaskia Sungkar memakan yang menurutnya baik dari referensi yang dibawanya. "Ya dari hamil si aku bener-bener makan asupan nutrisinya semuanya bener-bener apa ya, coklat juga tetep dok. Tapi turunan juga kali ya dok? Sebenernya saya gatau semuanya aj gitu, semua makanan yang menurut aku baca-baca bagus untuk anak dalam kandungan, untuk anak yang sedang menyusui, aku makan aja gitu." tutur Zaskia Sungkar.

Zaskia Sungkar makan mulai dari protein hinga vitamin dan suplemen untuk ibu hamil. Tidak ada pilihan makanan yang membuat produksi ASI-nya banyak. "Campur (protein hewani, sayur buah) tapi ada tambahan suplemen juga ada dok, pas melahirkan kan langsung aku minum tuh, terus sebelumnya juga vitamin hamil. Terus itu aja sih nggak ada yang gimana-gimana mungkin turunan juga ngaruh ya dok." jawab Zaskia Sungkar saat ditanya terkait produksi ASI nya.

Dukungan dari suami menjadi salah satu dukungan utama untuk merawat buah hati. "Nah itu (Irwansyah sebagai supporter) juga kayaknya ngaruh. Kita kan rileks pikiran walaupun badan capai tapi ga ada masalah lain yang hrus dibikin jadi beban selain memang kita begadang gitu lho ngurusin anak yang pengetahuannya masih nol tentang nursing." ujar Zaskia Sungkar.

Menurut dokter Tiwi menyusui merupakan intuisi yang tidak ada teori kedokterannya. Intuisi akan timbul dengan sendirinya dan harus diperhatikan. Sebagai dokter hanya memperhatikan saja. "Tapi sebetulnya menyusui itu intuisi nya akan jalan, jadi pake aja itu. Dalam keadaan rileks tidak cemas dan takut, intuisinya akan timbul, jadi ikuti aja. Jadi apa yang baik kadang-kadang kita dokter anak tau ilmunya, tapi intuisinya kita ga punya," ujar dokter anak itu.

Zaskia Sungkar memberikan motivasi untuk setiap para ibu hamil dan menyusui, untuk menikmati setiap proses yang ada. "Motivasi buat para mam mam di luar sana yang lagi menyusui atau yang soon akan menyusui atau mungkin ya mungkin kayak aku gini ya kan tidak pakai babysitter kan mungkin akan terasa berat bnget nih pas ngejalanin aduh gila yaa ga tidur sama sekali atau ga tidurnya bener-bener zombie bget cuma sejam, cuma tidur ayam, gitu, pokoknya nikmatin aja," kata Zaskia Sungkar.

Zaskia pun menyemangati para ibu untuk bisa menyusui hingga 6 bulan ke depan. Ia pun berharap agar para ibu terus berjuang namun jangan sampai terbebani pemberian ASI hingga 2 tahun. "Mikirnya 6 bulan dulu. yakin dulu kita bisa melewati sampai situ," kata Zaskia Sungkar.

Zaskia Sungkar juga mengatakan bahwa tidak menyangka bayinya sudah tumbuh besar. Zaskia yakin ketika anak sudah tumbuh besar, maka orang tua bisa kehilangan waktu bersama si kecil. "Jadi nikmatin setiap momen sama dia gitu walau capai, lihat muka anak kita lagi pas lagi nyusu," kata Zaskia Sungkar yang mengajak ibu untuk terus memperkuat bondingnya kepada anak.

Baca: Selain Zaskia Sungkar, 4 Wanita Ini Juga Berjuang dengan Program Bayi Tabung

NATHASYA ESTRELLA