Wajib Ada Makanan Berkuah saat Sahur, Arumi Bachsin: Terutama untuk Anak-anak

Arumi Bachsin. Instagram/@arumibachsin_94

kuliner

Wajib Ada Makanan Berkuah saat Sahur, Arumi Bachsin: Terutama untuk Anak-anak

Kamis, 15 April 2021 03:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap keluarga punya menu andalan untuk sahur di bulan Ramadan. Begitu pula dengan Arumi Bachsin sekeluarga yang kini menetap di Surabaya mengingat suami tercinta, Emil Dardak, menjabat sebagai wakil Gubernur Jawa Timur. Arumi mengungkapkan di keluarga kecilnya makanan berkuah wajib ada saat sahur.

"(Menu) Sahur itu lebih simpel. Yang kita suka di rumah, buah harus ada walaupun enggak banyak, ya. Trus makanannya harus ada yang berkuah, entah itu sup atau sayur bening, terutama untuk anak-anak," tutur Arumi dalam Instagram Live Woman Talk, Rabu, 14 April 2021.

Makanan berkuah itu salah satu cara Arumi memastikan anak-anaknya tidak kekurangan cairan selama berpuasa. Selain buah dan sayur, Arumi akan melengkapi gizi asupan keluarganya saat sahur dengan protein seperti ikan goreng atau telur dadar. "Telur dadar kalau bangunnya (sahur) mepet," ucap perempuan 26 tahun itu.

Sementara untuk menu buka puasa, Arumi menjelaskan banyak hidangan manis dan makanan yang disukai kedua anaknya, Keisha dan Keinan. 

Arumi mengaku sudah melatih keduanya berpuasa sejak beberapa tahun silam. Terlebih di Ramadan tahun kemarin dan sekarang, masih banyak aktivitas di rumah saja, Arumi mengaku lebih fokus untuk mengajari mereka berdua. 

Menurut Arumi, Keisha yang akrab disapanya dengan kakak sudah semangat berpuasa tahun ini. Tak perlu ditanyakan lagi seperti tahun-tahun sebelumnya. 

"Tahun ini semangat untuk puasanya enggak usah ditanya sampe, 'kakak nanti kamu harus puasa, ya'. Enggak, dia yang akhirnya nanya," tuturnya.

Sementara si kecil, Keinan, masih di tahap semangat meniru kakaknya puasa lewat ikut terlibat menyiapkan menu buka puasa dan sahur. "Melihat dan menghargai semangat yang ia punya," jelasnya.

Mengajak anak-anak menyiapkan menu buka puasa salah satu trik Arumi memotivasi anak-anaknya belajar puasa. Biasanya Arumi mengajak mereka untuk membuat es buah untuk buka puasa. Keinan suka dengan buah kaleng, sementara Keisha suka hidangan manis.

"Yang penting berkreasi, mau enak ga enak itu urusan belakangan. Yang paling penting mereka terlibat, termotivasi, dan ketika bulan Ramadan suasana di rumah berbeda. Jadi ketika mereka besar nanti itu jadi kenangan indah dan dicari-cari," pungkas Arumi.

Arumi Bachsin menikah dengan Emil Dardak pada 30 Agustus 2013. Mereka telah dikaruniai dua anak, Lakeisha Ariestia Dardak (7 tahun) dan Alkeinan Mahsyir Putro Dardak (5 tahun). 

Baca juga: Perdana Bikin Kue Coklat Bareng Anak, Arumi Bachsin: Ini Kue Rasa Kerupuk, ya