Tips Memilih Makanan Sehat dan Bergizi Selama Puasa Ramadan

Takjil Pisang Masyarakat Bugis

kesehatan

Tips Memilih Makanan Sehat dan Bergizi Selama Puasa Ramadan

Selasa, 13 April 2021 23:54 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, JakartaMakan makanan sehat dan bergizi dan seimbang sangatlah dibutuhkan selama berpuasa di bulan Ramadan. Upayakan berpuasa yang sehat selama Ramadan. Sebab, banyak bukti menunjukkan bahwa puasa berdampak positif pada kesehatan, dari memperkuat sistem pencernaan, menurunkan tekanan darah dan kolesterol, hingga meningkatkan kesehatan jantung. 

Makanan sehat dan bergizi apa yang harus dimakan dan diminum saat buka puasa dan sahur?

Buka Puasa

Saat berbuka puasa, minumlah banyak cairan, rendah lemak, makanan kaya cairan dan makanan yang mengandung gula alami untuk energi. Berikut beberapa contohnya:

Minuman, seperti air, susu, jus buah atau smoothie mampu memberikan hidrasi tanpa tambahan kalori atau gula tambahan. Selain itu, minuman berbahan dasar susu dan buah-buahan juga baik untuk berbuka puasa.

Kurma, secara tradisional dimakan untuk berbuka puasa sejak zaman Nabi Muhammad. Kurma adalah cara yang bagus untuk berbuka puasa karena kurma menyediakan gula alami untuk energi, memberikan mineral seperti kalium, tembaga dan mangan serta merupakan sumber serat. Anda juga bisa mencoba buah-buahan kering lainnya seperti aprikot, buah ara, kismis atau plum, yang juga menyediakan serat dan nutrisi.

Buah, seperti yang diketahui, mampu menyediakan gula alami untuk energi, cairan dan beberapa vitamin dan mineral.

Sup, adalah cara ringan untuk berbuka puasa dan membantu memulihkan cairan tubuh. Sup tradisional dibuat dari kaldu daging dan seringkali mengandung kacang-kacangan, dan makanan bertepung seperti pasta atau biji-bijian, yang memberikan nutrisi dan energi.

Sahur 

Minum banyak cairan adalah cara memastikan anda terhidrasi dengan baik untuk 

menjalani puasa hingga petang hari. Untuk makanan, pilih makanan bertepung untuk energi, pilih jenis serat tinggi atau gandum jika memungkinkan karena ini dapat membantu anda merasa kenyang. Selain itu, makanan jenis itu dapat membantu pencernaan, membantu mencegah sembelit. Berikut beberapa contohnya:

Oat, ini adalah biji-bijian utuh dan anda bisa membuatnya menjadi bubur. Makanan ini akan memberikan cairan karena dibuat dengan susu atau air, muesli dengan susu atau yogurt atau oat semalam. 

Sereal sarapan berserat tinggi. Makanan ini menyediakan banyak serat dan sering kali diperkaya dengan vitamin dan mineral, memberikan nutrisi tambahan. Karena dikonsumsi bersama susu, anda juga mendapatkan cairan dan nutrisi seperti kalsium, yodium, dan vitamin B dari susu.

Makanan bertepung seperti nasi. Jika Anda menyantap hidangan gurih saat sahur, ada baiknya anda memastikan hidangan tersebut tidak terlalu asin atau mungkin akan membuat Anda sangat haus saat berpuasa.

Yogurt, ini bisa menjadi makanan yang baik untuk dimasukkan saat sahur karena memberikan nutrisi seperti protein, kalsium, yodium dan vitamin B dan juga mengandung cairan. Anda bisa memadukannya dengan sereal dan buah-buahan seperti pada contoh di atas.

Roti, pilihlah roti gandum utuh karena ini memberikan lebih banyak serat, misalnya roti gandum utuh. Hindari menggabungkan roti dengan makanan asin seperti keju keras, atau daging yang diawetkan. Anda bisa mencoba selai kacang , keju lunak, atau pisang. Karena roti cukup kering, pastikan anda minum banyak air atau cairan lain di sampingnya.

Itulah beberapa tips memilih makanan sehat dan bergizi untuk berbuka dan sahur selama puasa Ramadan. 

Baca juga: Superfood Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Benarkah?

WHO | BRITISH NUTRITION FOUNDATION