Chelsea Islan Ajak Masyarakat Komitmen Ramah Lingkungan

Chelsea Islan. Dok. UNDP

profil

Chelsea Islan Ajak Masyarakat Komitmen Ramah Lingkungan

Sabtu, 10 April 2021 18:48 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Brand Ambassador Garnier Indonesia, Chelsea Islan menyampaikan antusiasmenya untuk kampanye green living.

Berdasarkan data World Economy Forum pada tahun 2020, setiap menit masyarakat di Indonesia menghasilkan sekitar 13 ton sampah plastik. Berkaca pada besaran sampah yang dihasilkan manusia, Garnier mengajak masyarakat Indonesia untuk mengambil langkah kebaikan melalui #OneGreenStep guna menciptakan dampak positif menuju keberlanjutan bagi bumi dan semua orang.

“Gerakan Green Beauty sangat memudahkan aku dalam menjalankan komitmen green living aku. Di tahun ini, aku senang sekali bisa kembali turut ambil bagian di #OneGreenStep, yang memungkinkan kita semua untuk berkontribusi mengurangi sampah sekaligus donasi dukungan edukasi bagi anak-anak keluarga pemulung bersama Garnier dan XSProject,” ucap Chelsea dalam kampanye #OneGreenStep, Kamis, 8 April 2021.

Chelsea mengaku bangga dan excited untuk mengundang anak-anak muda terutama di Jakarta untuk ikut berdonasi bersamanya dan Brand Ambassador Garnier lain. Walaupun hanya satu langkah kecil, tapi bersama-sama, kita bisa memberikan dampak yang besar.

Kampanye Green Beauty yang diluncurkan Garnier Indonesia di bulan September 2020, telah mencatat pencapaian yang luar biasa di mana 56 ribu masyarakat Indonesia telah ikut berpartisipasi mengumpulkan 5,3 ton sampah plastik melalui aplikasi eRecycle. Aplikasi yang memberi kemudahan bagi konsumen untuk mendaur ulang sampah plastik dari rumah.

Chelsea ingin konsisten terlibat dalam aksi menjaga bumi. Ia memulainya dengan berusaha memilah sampahnya secara mandiri. “Aku sudah coba mendaur ulang, sekarang aku di rumah aja aku mengumpulkan plastik-plastik dan yang bisa digunakan kembali,” ujar perempuan kelahiran 2 Juni 1995 ini.

Terlebih selama masa pandemi virus corona ini Chelsea banyak melakukan belanja daring yang semakin memperbanyak sampah dan kantong plastik yang digunakannya.

Baca: Happy Easter, Intip Foto Sosok Chelsea Islan Kecil yang Bikin Netizen Gemas

Chelsea menjadi lebih semangat memilah sampahnya secara mandiri setelah ia dikenalkan dengan aplikasi e-Recycle yang memungkinkan dirinya mendaur ulang sampah dan mengumpulkannya dari rumah.

Kontribusi Chelsea Islan untuk bumi adalah dengan mengurangi sampah plastik. Sudah cukup lama, Chelsea mencoba tidak menggunakan lagi kantung plastik atau minum dari botol plastik. "Aku sudah coba daur ulang. Memulainya dari rumah dengan ngumpulin plastik yang ada. Tidak langsung dibuang, tapi dikumpulin supaya aku bisa pakai lagi. Tapi sebisa mungkin aku mengurangi plastik," ucapnya.

Brand General Manager Garnier Indonesia, Pandu Brodjonegoro mengatakan pencapaian dari kampanye Green Beauty yang diluncurkan tahun lalu. Green Beauty merupakan sebuah komitmen yang berfokus pada lima langkah keberlanjutan, yaitu formula ramah lingkungan, bahan baku secara keberlanjutan, solidarity sourcing, kemasan ramah lingkungan, dan aksi untuk planet yang lebih hijau. Adapun dari kelima pilar tersebut, Garnier mengumumkan pencapaiannya atas pilar kemasan eco-designed dan aksinya untuk planet yang lebih hijau.

“Di bulan Ramadan ini, kembali kami mengamplifikasi peran bersama ini dalam mengurangi konsumsi plastik di Indonesia melalui kerja sama dengan XSProject dan eRecycle, di mana bersama-sama kita dapat mengubah sampah menjadi berkah berbentuk donasi fasilitas pendidikan untuk anak-anak keluarga pemulung,” jelas Pandu.

Kampanye yang dilakukan selama bulan Ramadan ini mengajak konsumen untuk mengolah sampah melalui aplikasi eRecycle, yang mana nominal tersebut akan digandakan oleh Garnier untuk disumbangkan ke XSProject.

“Perlu kita sadari peran besar pemulung dalam mendukung berjalannya ekonomi sirkular di Indonesia, oleh karena itu sangat tepat bagi kita untuk memberikan kebaikan dalam bentuk donasi dukungan pendidikan bagi keluarga dan anak pemulung melalui XSProject. Dengan #OneGreenStep untuk Kebaikan ini, bersama-sama kita dapat mengubah sampah menjadi berkah,” ujar Pandu.

Aplikasi daur ulang Garnier Indonesia bekerjasama dengan eRecycle untuk mengajak masyarakat mengambil peran dalam menjaga kelangsungan lingkungan karena timbunan sampah. Kerjasama itu memungkinkan pengguna produk Garnier untuk melakukan daur ulang sampah secara mandiri secara daring maupun antar langsung pada titik penjemputan. Aplikasi ini memungkinkan masyarakat untuk memilah sampah berdasarkan jenisnya dan menimbangnya di rumah.

Di masa pandemi saat ini, Chelsea lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dan menyadari bahwa sampah domestiknya menjadi lebih banyak. Peningkatan sampah plastik dari belanja online. "Selama aku kerja di rumah ada peningkatan sampah domestik. Belanja online salah satunya.

Chelsea pun kini merasa sangat terbantu dengan adanya aplikasi e-Recycle, di mana Garnier bekerjasama dengan aplikasi tersebut berkontribusi untuk menjadikan bumi lebih ramah lingkungan. "Sampah dijemput di rumah dari aplikasi e-Recycle. This is the perfect idea," kata pemeran film Ayat-ayat Cinta 2 ini.