Annisa Pohan Ungkap Alasan Menikah di Usia 20-an, Ada Peran Orang Tua

Annisa Pohan dan Agus Harimurti Yudhoyono saat acara lamaran pada 20 maret 2005. (Instagram/@annisayudhoyono)

ragam

Annisa Pohan Ungkap Alasan Menikah di Usia 20-an, Ada Peran Orang Tua

Minggu, 28 Maret 2021 08:40 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Annisa Pohan nostalgia momen lamarannya dengan Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY pada 20 Maret 2005 atau 16 tahun silam. Ia mengunggah fotonya bersama AHY berbusana merah di hari istimewa itu.

Perempuan 39 tahun itu tampak memakai kebaya merah muda dihiasi payet. Rambut panjangnya ditata sanggul modern dengan rambut dibelah pinggir. Ia melengkapi penampilannya dengan anting jepit.

Serasi dengan warna kebaya Annisa, Agus tampak memakai batik merah burgundi. 

Annisa mengungkapkan bahwa foto itu saat suaminya ditemani mertuanya, Susilo Bambang Yudhoyono dan Ani Yudhoyono, melamarnya. “Tak terasa sudah 16 tahun lalu hari di mana awal saya mempersiapkan fase hidup baru bersama laki-laki yang saya cintai,” tulis Annisa di keterangan foto Instagram, Sabtu, 27 Maret 2021.

Ia juga mengatakan bahwa saat itu usianya terbilang cukup muda untuk menikah bagi generasinya. Ia berusia 23 tahun, AHY berusia 26 tahun. Meski cukup muda, menurut Annisa, ia mempunyai sejumlah pertimbangan untuk mantap berumah tangga dengan AHY.

“Tetapi pada saat itu mas Agus dan saya sudah mapan, sudah berdiri di kaki kami sendiri dari lama, siap materi dan mental adalah penting untuk pernikahan dan bukan usia yang menentukan kematangan hal tersebut,” tutur putri Aulia Pohan dan Mulyaningsih itu.

Bicara kesiapan materi dan mental menikah muda, Annisa mengaku hal itu tak lepas dari peran kedua orang tua masing-masing. "Kalau dipikir-pikir kami berdua dilepas orang tua dengan mandiri lebih cepat dari umumnya orang tua sehingga siap dan matang lebih cepat juga, akselerasi kehidupan," lanjut anak kedua dari tiga bersaudara itu.

Baca juga:

Unggah Foto Keluarga dengan Ibu Mertua, Annisa Pohan Berharap Bisa Memutar Waktu

Ia lalu meringkas perjalanan karier yang dimulainya sejak usia 14 tahun. Kala itu, ia menjadi model majalah remaja, lalu mengikuti pemilihan Gadis Sampul dua tahun kemudian, dan mendapatkan juara ketiga. Setelah itu, ia hidup mandiri untuk berkuliah di Universitas Padjadjaran, Bandung. Sambil kuliah, ia tetap bekerja sebagai penyiar radio, presenter televisi, dan model.  

Tak jauh berbeda dengan Annisa, AHY mulai mandiri sejak usia 16 tahun, saat ia menjadi salah satu siswa SMA Taruna Nusantara yang harus tinggal di asrama. Ia lalu melanjutkan pendidikan di Akademi Militer yang juga harus tinggal di asrama.

“Jadi ketika sudah siap kenapa ditunda-tunda lagi hehehe...Alhamdulillah 16 tahun lalu di lamar dan hampir 16 tahun ulang tahun pernikahan kami di bulan Juli. MasyaAllah Tabarakallah,” tutupnya.

Annis Pohan dan Agus Harimurti Yudhoyono menikah pada 8 Juli 2005. Pasangan ini dikaruniai seorang putri Almira Tunggadewi Yudhoyono atau Aira, yang lahir pada 2008.

Baca juga:

Masak Nasi Goreng Bersama Suami, Annisa Pohan Pertama Kali Masak di Wajan Besar