3 Cara Meningkatkan Imun Tubuh, Berpikir Positif itu Perlu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Kinanti Munggareni

google-image
Makanan sehat kaya serat baik untuk kesehatan tubuh. (Canva)

Makanan sehat kaya serat baik untuk kesehatan tubuh. (Canva)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ide tentang cara meningkatkan imun tubuh selalu jadi bahasan yang menarik. Tetapi kemampuan untuk melakukannya terbukti sulit dipahami karena beberapa alasan.

Agar sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik, diperlukan keseimbangan dan harmoni. Namun, masih banyak yang belum diketahui para peneliti tentang seluk-beluk dan keterkaitan respons imun.

Sejumlah peneliti mengeksplorasi efek dari pola makan, olahraga, usia, kondisi psikologis, dan faktor-faktor lain yang terkait pada respons kekebalan. Sejauh ini, dikutip dari Harvard Health Publishing, strategi hidup sehat adalah salah satu cara meningkatkan imun tubuh yang paling masuk akal.

Berikut adalah 4 strategi yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

1. Mengonsumsi makanan sehat

Dokter dan ahli kesehatan Sandra Darling, dikutip dari Cleveland Clinic, mengatakan bahwa sejumlah makanan bisa memberi manfaat yang efektif untuk tubuh. Ia merekomendasi bawang putih, prebiotik, serta makanan yang tinggi vitamin C dan antioksidan.

“Saya percaya pada kekuatan makanan yang meningkatkan kekebalan,” kata Dr. Darling. “Memilih makanan utuh yang tidak diolah memberikan keajaiban bagi kesehatan secara keseluruhan.”

Baca juga: Jaga Imunitas dengan Vitamin E, Perhatikan Batas Konsumsi Hariannya

2. Perbaikan gaya hidup

Hidup di bawah tekanan bisa menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak kortisol yang merupakan hormon stres. Seiring waktu, peningkatan kortisol menurunkan daya tahan Anda untuk melawan infeksi dan berkontribusi pada kualitas tidur yang buruk dan tekanan darah yang lebih tinggi.

Dr Darling menyarankan kita untuk melindungi diri dari stres dan agar dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Salah satunya adalah dengan mendapatkan tidur yang cukup.

“Prioritaskan tidur. Jika Anda membutuhkan bantuan, pilih teknik yang sudah terbukti dan dikenal sebagai terapi perilaku kognitif untuk insomnia, atau CBT-I, ”kata Dr. Darling. “Bicaralah dengan dokter Anda untuk menemukan terapis terkemuka atau unduh aplikasi CBT-I.”

Selain tidur, olahraga juga bisa jadi cara meningkatkan imun dan menyiapkan tubuh agar dapat melawan infeksi.

"Tubuh kita berfungsi lebih baik saat kita aktif secara fisik setiap hari." kata Dr. Darling. Ia merekomendasikan mengukir setidaknya 10 menit sehari, idealnya 30 menit, dan melakukan campuran latihan kardio dan kekuatan.

3. Berpikir positif

Pola pikir positif sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan. Penelitian menunjukkan bahwa pikiran positif mengurangi stres dan peradangan serta meningkatkan ketahanan terhadap infeksi. Emosi negatif dapat membuat Anda lebih rentan terhadap flu.

Baca juga: Selain Sering Tertular Penyakit, Dokter Ungkap Tanda Sistem Imun Melemah

Harvard Health Publishing | Cleveland Clinic

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."